Ribuan Warga Sidoharjo Rayakan HUT Desa Bersama Gubernur Babel

Sidoharjo, Bangka Selatan - Lebih dari seribu warga merayakan peringatan Hari Jadi ke-24 Desa Sidoharjo bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi, Selasa (11/10/2016) malam.

Gedung Serbaguna Desa Sidoharjo Kecamatan Air Gegas, Bangka Selatan yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan dipenuhi warga, baik laki-laki maupun perempuan. Mereka duduk lesehan di lantai balai desa menghadapi hidangan makanan yang tersaji di dulang-dulang bertudung saji maupun rantang-rantang jinjing.

Barisan kanan panggung dipadati warga laki-laki. Sedangkan di sebelahnya kaum perempuan dan anak-anak terlihat tertib mengikuti acara. Sementara warga lainnya dan para panitia nampak berada di luar gedung karena terbatasanya daya tampung. Mereka mengisi kursi-kursi dan pelataran aula.

Maklum saja, warga hadir malam itu juga ada yang datang dari desa tetangga, seperti Desa Panca Tunggal, Fajar Indah dan Desa Sumber Jaya Permai. Keempat desa ini didiami warga transmigran yang dulunya berasal dari Pulau Jawa.

Meski malam itu Desa Sidoharjo gelap gulita karena listrik padam akibat tumbangnya pepohonan di jalur PLN, antusiasme warga tidak terlihat surut. Mereka menggunakan generator menerangi aula pertemuan sekaligus untuk peralatan sound system.

Menjelang berlangsungnya acara, para tamu diantaranya nampak Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Babel Didik Suprapto dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Babel Syaifuddin, disuguhi menu ringan sebagai pembuka.

Ada kacang rebus dan jagung rebus, hasil dari kebun warga setempat Ada juga kue kelepon. Namun hidangan utama yang hampir mendominasi kuliner malam itu adalah ayam panggang atau ayam bakar. Bahkan ada yang melengkapinya dengan sambal super pedas.

Peringatan hari jadi desa sekaligus Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah itu diawali pembacaan kalam ilahi dan do'a. Usai kata sambutan, prosesi peringatan hari jadi ditandai pemotongan nasi tumpeng lengkap ayam panggang. Pemotongan tumpeng dimulai dari Kepala Desa Aminanto dan diberikan secara estafet kepada Camat Zainuddin dan Gubernur Rustam Effendi. Dari pengeras suara terdengar tembang campursari mengalun lembut.

Di awal sambutannya, gubernur mengajak warga untuk selalu bersemangat dan bekerja keras dalam membangun desanya. Sehingga keberhasilan dan kemajuan pembangunan dapat segera terwujud, terutama dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

"Selamat ulang tahun ke-24 Desa Sidoharjo, semoga terus maju dan lebih baik, khususnya dalam memajukan perekonomian warga dan pembangunan desa," kata Rustam Effendi.

Gubernur mengingatkan perlunya peningkatan persatuan dan kesatuan, gotong-royong serta ukhuwah islamiyah sebagaimana yang dicontohkan kaum Muhajirin dan Anshor dalam peristiwa hijrah.

"Kondisi ini hendaknya makin merekatkan silaturrahmi kita, persatuan kita, tanggung jawab bersama dengan keberagaman yang ada, baik suku, agama, ras dan antar golongan," jelasnya.

Gubernur Rustam Effendi memaparkan sejumlah keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Baik di bidang pariwisata, pendidikan, kesejatan, penerangan listrik hingga infrastruktur transportasi.

Sejalan dengan itu, kata gubernur, pemerintah daerah berkomitmen menitikberatkan sektor-sektor unggulan untuk dimanfaatkan secara maksimal. Gubernur menyebutkan, sektor yang diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan melalui pariwisata, kelautan dan perikanan, pertanian dan perkebunan, serta jasa dan perdagangan.

Sementara Camat Air Gegas Zainuddin dalam sambutan singkatnya mengharapkan warga Sidoharjo terus meningkatkan kerja sama dan semangat membangun. Agar di usia menjelang dewasa, Desa Sidoharjo dapat bergerak lebih maju.

Sebelumnya Kepala Desa Sidoharjo sekaligus ketua penyelenggara Aminanto menyebutkan, peringatan hari jadi desa rutin dilaksanakan setiap tahun. Bahkan dalam tiga tahun terakhir dilaksanakan kejuaraan sepakbola Sidoharjo Cup yang berakhir pekan ini.

Panitia, kata Aminanto, berterima kasih atas partisipasi seluruh warga yang selalu bergotong royong menyelenggarakan peringatan hari jadi desa, walaupun dalam keterbatasan di tengah kondisi perekonomian yang belum pulih.

"Kami bangga karena malam ini dihadiri lebih dari seribu warga, baik dari Desa Sidoharjo maupun desa tetangga," ucap Aminanto.

Dirinya mengajak warga untuk terus menjalin persatuan dan kesatuan, serta mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, terlebih warga di pedesaan.

"Mari kita jaga ketertiban, kita jaga persaudaraan kita di Desa Sidoharjo ini," ajak Aminanto. (ismail, m chandra yusuf)

Sumber: 
HumasPRO BABEL
Penulis: 
Ismail
Fotografer: 
Chandra
Bidang Informasi: 
Humas