RSUD Dr (HC) Ir Soekarno Provinsi Babel Lulus Penilaian BLUD

Air Itam, Pangkalpinang - Dalam rangka mendukung upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, RSUD Dr (HC). Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bermaksud untuk menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan  Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) pada pengelolaan keuangan di tahun 2017.

Sehubungan dengan hal tersebut, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Penilaian Dokumen Usulan Penerapan PPK BLUD  RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (21/12) yang dihadiri oleh Tim Penilai, BPKP Kepulauan Bangka Belitung, dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tim Penilai yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr Yan Megawandi dan beranggotakan Juaidi (Plt. Kepala Bappeda), Haryoso (Inspektur), Drs. Tarmin (Kepala BKD), Maskupal Bakri (Kepala Biro Hukum) dan Effendi Harun (Kabid Restribusi) menerima dokumen dan mendengarkan paparan tentang Rencana Strategi Bisnis, Standar Pelayanan Minimal, Pola Tata Kelola serta Keuangan dari seluruh Pokja RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno.

Dalam sambutannya, Sekda Yan menyampaikan bahwa dirinya dan tim mendorong agar RSUD Dr. (HC) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjadi PPK BLUD, bahkan kalau bisa menurutnya semua unit layanan masyarakat khususnya di bidang kesehatan yang ada di Provinsi ini menjadi BLUD, sehingga dapat melayani masyarakat dengan prima.

Setelah menganalisis dari seluruh paparan yang telah disampaikan, Yan Megawandi menjelaskan, pada dasarnya dokumen ini bisa diterima, namun usulan, rekomendasi dari seluruh tim yang hadir harus diperhatikan untuk menjadi penyempurna dokumen, hal itu perlu dilaksanakan menurutnya karena dokumentasi BLUD ini nanti menjadi Master Plan serta menjadi acuan sesuai dengan koridor-koridor, dan visi misi RSUD yang telah disepakati.

“Tidak ada kegiatan yang bagus, kalau dokumen perencanaan tidak disusun dengan bagus” ungkapnya.

Oleh sebab itu dirinya berharap kepada RSUD Dr. (HC) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menyempurnakan dokumen BLUD melalui pendampingan dalam hal ini dengan BPKP Bangka Belitung, dan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sehingga tujuan untuk meningkatkan Layanan Publik terwujud dan ketergantungan akan APBD dapat semakin berkurang.

Dari hasil penilaian ini RSUD dinyatakan Lulus Penilaian, "ungkapnya.

Sementara itu, dalam wawancaranya dengan humas.babelprov.go.id Direktur RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Lucia Shinta Silalahi menyampaikan RSUD Soekarno pada tahun 2017 menuju PPK BLUD.

Dengan PPK BLUD ini diharapkan pihaknya dapat mengelola penerimaan rumah sakit sendiri secara langsung sesuai dengan kebutuhan pelayanan, sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan.

Lusi menambahkan, RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno telah membuat dokumen-dokumen terkait yang dinilai oleh Tim Penilai hari ini, dan ternyata tim penilai dapat menerimanya dan lulus dengan BLUD penuh.

“Rekomendasi dan usulan yang disampaiakan oleh Tim Penilai akan ditindaklanjutinya sesegera mungkin, “imbuhnya.

Selanjutnya setelah persetujuan dari tim penilai, maka akan diajukan ke Gubernur untuk disahkannya BLUD tersebut. Dengan disetujuinya oleh Gubernur maka status RSUD akan berubah secara hukum, sehingga pelayanan di RSUD bisa maksimal. (Lulus/Mislam)

Sumber: 
HumasPro BABEL
Penulis: 
Lulus, Mislam
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Erik
Bidang Informasi: 
Humas