Safari Ramadhan di Serdang dan Kampung Nanas, Gubernur Bicara Lada

Toboali, Bangka Selatan – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, didampingi istrinya Hj. Melati Erzaldi, Minggu (18/6/2017), melanjutkan Safari Ramadhan 1438 H di Bangka Selatan, tepatnya di Masjid Al Fitri  Desa Serdang dan Masjid Al Furqon Kampung Nanas, Toboali.

Tujuan pertama Gubernur adalah Masjid Al Fitri Desa Serdang. Di Masjid ini, selain buka puasa dan sholat maghrib bersama, Gubernur juga bersilaturahmi dengan masyarakat setempat.

Gubernur dalam sambutan singkatnya pada kesempatan itu membicarakan sekilas soal lada. Disampaikan Gubernur, Ia bersama Bupati Bangka Selatan sepakat menjadikan Kabupaten Bangka Selatan menjadi sentra penelitian dan pengembangan lada. “Nanti, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan akan menyediakan lahan untuk keperluan ini, termasuk menyediakan lahan untuk gudang,” ungkap Gubernur.

“Selama ini, cara kita mengolah biji lada salah, karena tidak memenuhi standar kesehatan Negara tujuan. Itulah sebabnya, mengapa lada kita harganya murah. Lada kita hanya diperlukan sebagai campuran dari lada produksi Negara lain seperti India, Vietnam, Malaysia bahkan Kalimantan. Makanya, proses produksinya kita perbaiki, terutama pasca panen,” jelas Gubernur.

Menurut Gubernur, untuk perendaman tidak boleh bersentuhan langsung dengan tanah yang dikhawatirkan mengandung bakteri. “Untuk tahap awal mesin produksi akan dibantu Pemerintah Daerah, Petani tinggal setor ladanya, nanti diproses akan menghasilkan lada putih dan lada hitam,” tambah Gubernur.

Diakhir sambutannya, Gubernur Erzaldi memohon doa restu dari masyarakat agar usaha ini, akan meningkatkan harga lada.

Seperti Safari Ramadhan sebelumnya, menjelang berbuka puasa di Masjid Al Fitri Desa Serdang, ini juga disampaikan tausiyah oleh Drs. H. Sahirman. Sebelumnya Gubernur juga menyerahkan bantuan perlengkapan ibadah untuk Masjid Al Fitri.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer bersama istrinya, dan sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Babel.

Setelah buka puasa dan sholat maghrib berjamaahdi Masjid Al Fitri Desa Serdang, Gubernur Erzaldi bersama istri melanjutkan Safari Ramadhan dengan Sholat Isya’ dan Taraweh berjemaah di Masjid Al Furqon Kampung Nanas, Toboali.

Di Masjid Al Furqon Kampung Nanas, Toboali ini, Gubernur Erzaldi menghadirkan Syekh Elsayed Saad Mahmoud Abdelsalam Dosen Universitas Al Azhar Mesir, sekaligus memberikan siraman rohani kepada para jamaah  Masjid Al Furqon Kampung Nanas.(Agoeng).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agoeng
Fotografer: 
Agoeng
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas