Sekda Apresiasi Komisi Informasi Provinsi

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Babel Yan Megawandi mengapresiasi Komisi Informasi Provinsi (KIP) Babel, yang tanggal 10 Januari lalu dan belum genap 1 bulan dilantik, telah membuat sebuah Kegiatan.

Demikian dikatakan Sekda Babel, saat membuka Temu Silaturahmi dan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik kepada Stakeholder Komisi Informasi, Se-Provinsi Babel, di Ruang Pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur, Kamis (18/1/2018).

“Keterbukaan informasi ini muncul atas kesadaran kita sebagai bangsa, bahwa informasi ini sangatlah penting dan harus dikawal kepada masyarakat atau publik dengan benar, hal ini dimaksudkan jangan sampai informasi yang diterima oleh publik atau masyarakat tetapi tidak benar, seperti yang selama ini ramai yang dikenal dengan hoax,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Tugas KIP Babel antara lain mengawal supaya UU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik ini berjalan dengan aman, bagus lancar di babel.

Apresiasi juga diberikan kepada DPRD Babel,  yang telah menginisiatif Peraturan Daerah tentang keterbukaan informasi publik. Hal ini dapat menginspirasi  bidang lain untuk cepat tanggap terhadap kondisi yang berkembang.

Dirinya mengingatkan KIP Babel, bahwa jumlah sengketa yang masuk bukan menjadi indikator keberhasilan KIP, bukan jaminan kasus masuk akan semakin bagus , tetapi semakin makin sedikit dan tidak ada masalah pelaksanaan UU 14 tahun 2008.

Sekda juga berharap kepada Lembaga publik untuk meningkatkan kemampuan memahami uu 14 tahun 2008, sehingga  dengan memahami betul, maka yakin sengketa tidak akan terjadi, hal itu juga sekaligus meringankan tugas KIP.

Untuk itu, peran PPID di masing kantor harus ditingkatkan. Kalau ada masalah bisa ditangani di PPID masing-masing Instansi, dan dikomunikasikan ke komisioner. Kalau itu bisa suatu permasalahan diselesaikan di unit terkecil, sehingga tidak perlu menambah energi, tenaga, waktu dan biaya untuk hal demikian.

“Di satu sisi kita harus menyediakan informasi dalam konteks penyelenggaraan keterbukaan Informasi  publik dengan sebaiknya, supaya masyarakat bisa merasakan memang betul ada keterbukaan, kecepatan, kemudahan dan murah dalam mengakses informasi tersedia di Instansi kita berada, walaupun sebenarnya ada Informasi yang dikecualikan yang diatur dalam UU tersebut,” ungkapnya.

Sementara Ketua Komisi Informasi Provinsi Babel, Sugesti mengatakan, kegiatan ini merupakan acara perdana KIP periode 2017-2021, yang dilantik pada 10 januari 2018 lalu. Artinya, di periode baru masih berproses menuju Komisi Informasi yang lebih baik lagi, untuk itu butuh dukungan pemerintah dan stake holder, karena peran ini sangat penting dalam rangka melaksanakan Undang Undang dan juga keterbukaan informasi publik.

Sugesti menjelaskan, ke depan akan diadakan Program Sosialisasi langsung ke lembaga dan Masyarakat, untuk mengenalkan Apa peran KIP itu sebenarnya, sehingga masyarakat paham benar tentang Komisi Informasi. Ia juga berharap kehadiran ini dapat memberi warna baru dalam keterbukaan informasi.

Sementara Anggota Kimisi I DPRD Babel, Adet, dalam sambutannya mengatakan, Anggota Komisioner KIP sudah dilakukan fit and proper test, dan 10 Januari 2018 kemarin semua sudah dilantik.

“Dari tim ini  ada yang baru, ada yang lama, semua mencakup mewakili keinginan kita. Oleh karenanya saya mengucapkan selamat, mewakili DPRD Babel kiprahnya akan lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

Ikut hadir dalam Pertemuan ini, KPU Babel, Ombudsman, BNN, serta OPD di Lingkungan Pemprov Babel.(Lulus).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas