Sekda Babel Pimpin Apel Siaga Bencana

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babe) Erzaldi Rosman diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Yan Megawandi, memimpin Apel Siaga Bersama menghadapi Bencana di Halaman di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel, Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, di Air Itam Pangkalpinang.

Ikut hadir dalam Apel Siaga tersebut, sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Babel, unsur siaga bencana Babel mulai dari personil BPBD itu sendiri, Basarnas, Pramuka, Tagana, Sat Pol PP, Polda Babel, dan unsur terkait lainnya.

Apel siaga bencana itu, diawali dengan pemeriksaan peserta Apel, peninjauan peralatan dan perlengkapan oleh Sekda selaku Inspektur Apel untuk menghadapi Bencana.

Sekda Babel pada kesempatan itu mengungkapkan terima kasihnya atas kesiapan dan perawatan alat-alat penanggulangan bencana ini.

"Selain kita sudah memiliki peralatan dan perlengkapan bencana ini, saya mengimbau personil bencana untuk tetap melakukan latihan dan terus melakukan koordinasi serta komunikasi, sehingga apabila hal-hal yang tidak kita inginkan seperti bencana terjadi kita sudah siap dan terkoordinasi dengan baik," ujar Sekda.

Yan Megawandi mengatakan, pengalaman tahun 2016 dan 2017 merupakan pelajaran berharga bagi masyarakat Babel, dimana menurutnya, saat-saat tersebut komunikasi dan koordinasi yang baik menjadi penentu dalam antisipasi awal menghadapi suatu bencana alam, dalam hal ini bencana banjir yang pernah terjadi baik di Bangka ataupun Belitung dua tahun lalu.

Pada kesempatan itu, Sekda juga mengungkapkan, salah satu cara pencegahan dan antisipasi terhadap dehidrasi tanah serta buruknya penyerapan air memang dengan cara seperti adanya penghijauan maupun gerakan penanaman pohon. Dengan begitu, kerusakan tanah dan buruknya penyerapan air perlahan-lahan bisa diperbaiki.

Sebagai wujud untuk mengantisipasi dehidrasi tanah tersebut, disela-sela Apel Siaga Bencana Rabu (14/2/2018) pagi, dilakukan penyerahan bibit penghijauan pohon buah-buahan dalam rangka mitigasi pengurangan resiko bencana, khususnya bencana banjir oleh Sekda kepada Kepala BPBD Babel. (Imam)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas