Sekda Berharap Inspektorat Babel Buat Road Map

Air Itam, Pangkalpinang - Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Pusdiklat BPKP Pusat dan BPKP Perwakilan Babel menggelar kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Mandiri Audit Forensik dan Audit Berbasis Resiko di Lingkungan Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) se Babel.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel, Senin (13/3/2017) ini, dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Dr Yan Megawandi, SH., M.Si..

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan, para peserta Diklat diharapkan dapat mencatat apa yang diperoleh dari kegiatan ini, sehingga apa yang didapat dan tambahan ilmu ini, dapat diimplementasikan dalam tugasnya sebagai auditor.

“Jangan kita seperti pepatah, Berbaris ikut panjang, bertepuk tangan ikut meriah, tetapi apa yang kita dapat dan ilmu yang bertambah dalam diri kita, itu yang paling utama,” ungkapnya.

Sekda juga berharap kerjasama antara Pemerintah dan Pusdiklat BPKP Pusat ini, perlu diteruskan dan ditingkatkan, dalam rangka menambah Profesionalisme APIP yang ada di Pemprov Babel.

Ditambahkannya, sesuai dengan informasi yang didapatkannya, pada tahun 2019, seluruh APIP harus mempunyai kemampuan pada Level 3.

Sekda juga berharap kepada Inspektorat Babel untuk membuat Road Map atau Peta Jalan guna mencapai target yang telah ditetapkan oleh Presiden, sehingga dengan jumlah Auditor yang ada, pada tahun 2019 mendatang seluruh APIP Babel dapat mencapai Level 3 seluruhnya.

Hal itu, menurutnya, dituntut adanya sinergitas antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada. Karena menurut Sekda, sesuai dengan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sudah dijelaskan bahwa Provinsi berperan sebagai Koordinator, Fasilitator dan tempat bertanya bagi Kabupaten/Kota yang ada.

Oleh sebab itu, terang Yan Megawandi, apakah Babel telah memainkan perannya itu, tergantung dengan hasil dari Diklat ini nantinya.

Sementara itu, Panitia Penyelengara yang juga Sekretaris Inspektorat Babel, Budiman Hardi, SH, dalam Laporannya menyampaikan, maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan Ketrampilan dan Penguasaan Pengetahuan Teknis yang berhubungan dengan Audit Forensik dan Audit Berbasis Resiko kepada para peserta.

Kegiatan ini, diikuti sebanyak 62 peserta terdiri dari 30 orang peserta Diklat Audit Forensik dari Inspektorat Babel dan 32 orang peserta Diklat Audit Berbasis Resiko. Untuk 32 orang peserta Diklat Audit Berbasis Resiko terdiri dari 24 Inspektorat Babel dan 8 dari Kabupaten/Kota se Babel.

Acara pembukaan Diklat Mandiri Audit Forensik dan Audit Berbasis Resiko di Lingkungan APIP ini, ditandai dengan Penyematan Tanda Kepesertaan Diklat oleh Kepala BPKP Perwakilan Babel,  Raden Suhartono, kepada dua perwakilan peserta Diklat.

Pembukaan yang akan berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 Maret 2017 ini, dihadiri Inspektur Babel, Yulizar Adnan, Pusdiklat BPKP Pusat yang diwakili oleh Kepala BPKP Perwakilan Babel,  Raden Suhartono, Widya Iswara BPKP Pusat dan para pegawai di Lingkungan Inspektorat Babel dan BKPK Perwakilan Babel. (Lulus).

 

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas