Sekda Terima Kunjungan Anggota DPD RI

Air Itam, Pangkalpinang - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. Yan Megawandi, SH., M.Si  menerima kunjungan kerja Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) daerah pemilihan Babel, Hudarni Rani dan Bahar Buasan dalam kaitannya dengan Pengawasan Pelaksanaan Pilkada Serentak Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Babel.

Dalam penerimaan kunjungan di Ruang Rapat Sekda Babel Lantai I Kantor Gubernur Babel, Selasa (14/2/2017) tersebut, dihadiri Pejabat dari unsur Forkopimda Babel, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Babel, Kepala Biro Pemerintahan, M. Haris, AP, Kepala Badan Kesbangpolinmas Babel, Drs. Tarmin, M.Si dan Kasat Pol PP Babel, Harrie Patriadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Babel, Dr. dr. H. Hendra Kusumajaya, M.Epid.

Sekda Babel dalam kesempatan itu menyampaikan kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dengan memaparkan sejumlah data berkaitan dengan Fasilitasi Pemerintah Daerah Babel kepada KPU Babel dan Bawaslu Babel, Fasilitasi kepada Polda Babel, dan TNI yaitu Korem 45 Garuda Jaya dan Lanal Babel terkait upaya Pengamanan selama berlangsungnya tahapan Pilkada Babel.

Yan Megawandi juga menjelaskan langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan Pemerintah Daerah melalui Kepala Badan Kesbangpolinmas Babel dan OPD terkait, mulai dari Koordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait Rekapitulasi Data Pemilih, Surat Edaran Netralitas Aparatur Sipil Negara dan Surat Edaran Hari Libur pada Pelaksanaan Pemungutan Suara, hingga pembentukan pendirian Tim Desk Pilkada untuk pemantauan pemungutan suara.

Kesemua itu, kata Sekda Yan Megawandi, dilaksanakan dalam rangka untuk menyukseskan Pesta Demokrasi ini, berjalan dengan lancar dan aman tanpa kendala suatu apapun, sehingga Pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Babel dapat menjadi Role Model atau percontohan bagi daerah-daerah lain.

Sementara itu, Ketua Tim DPD RI Babel, Hudarni Rani yang juga merupakan Mantan Gubernur Babel dalam sambutannya menjelaskan, DPD RI dalam menjalankan tugasnya sebagai Lembaga Negara, terutama dalam kepentingan Daerah, berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada sesuai dengan UUD 45 pasal 18 ayat 4 yang menyatakan bahwa Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Daerah dipilih secara Demokratis, dalam hal ini dipilih secara langsung sesuai dengan UU No 8 tahun 2015 pasal 3 ayat 1, dan disempurnakan dengan UU no 10 tahun 2016 pasal 201 yang memuat pelaksanaan Pilkada.

Hudarni menambahkan, ada 7 Provinsi, 76 Kabupaten dan 18 Kota di Indonesia yang melaksanakan Pilkada, yang salah satunya adalah Babel. Oleh sebab itu, DPD RI mewakili daerah dalam memperjuangkan kepentingan daerah dalam NKRI sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Untuk melaksanakan tugas konvensional tersebut DPD mengadakan pengawasan secara langsung, yang penugasannya sesuai dengan perwakilan masing-masing Anggota DPD RI.

Berkaitan dengan apa yang telah disampaikan Sekda Babel dalam paparannya, Hudarni Rani yakin dan memiliki kepercayaan akan pelaksanaan Pilkada di Babel berjalan dengan aman dan lancar. Untuk itu, Hudarni berharap kepada Pemerintah Daerah beserta Instansi terkait dan masyarakat Babel bersama-sama menyukseskan Pesta Demokrasi ini.

Bahar Buasan yang juga wakil dari Babel menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Babel, KPU dan Bawaslu Babel bersama Instansi terkait yang telah melaksanakan tahapan Pilkada berlangsung dengan baik.

Bahar berharap seluruh masyarakat bersama Pemda mendukung pelaksanaan Pilkada agar berjalan dengan lancar dan terpilih Pemimpin yang cocok untuk memajukan Babel. (Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas