Si Molek Pemprov Babel akan Jadi Penguat Aplikasi Kemenpan RB

PANGKALPINANG – Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Lembar Kerja Evaluasi Reformasi Birokrasi (Si Molek RB) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang telah di launching oleh Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah pada 8 April 2019 lalu, akan dijadikan penguat Aplikasi Kemenpan & RB.

Pemprov tetap fokus ke Aplikasi Kemenpan & RB, dan akan menjadikan si Molek RB Pemprov Babel sebagai penguatnya. “Dengan kata lain, kita akan kroscek dengan pola kita menjadikan aplikasi Kemenpan & RB bersama si Molek RB Pemprov sebagai pendukung. Inilah pola yang terbaik,” ujar Asisten Setda Babel Bidang Administrasi Umum, Darlan, mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, saat memimpin Rapat Open Entry Verifikasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan pada Reformasi Birokrasi (PMPRB) 2019, di Ruang Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Babel, Senin (27/05/2019).

Dikatakatan Darlan, Aplikasi si Molek RB Pemprov Babel ini, agar segera diambil alih oleh pihak Inspektorat.

"Dalam penataan Sistem Manajemen SDM, secara sistem kita memiliki 3 bulan pertama untuk mendapatkan penilaian, dan saya minta OPD di Lingkup Pemprov Babel untuk mengisi, memverifikasi dan mulai memasukan apa saja yang dibutuhkan sesuai rencana di Aplikasi Kemenpan & RB,” kata Darlan.

Kepala Biro Organisasi Setda Babel, Harrie menyampaikan, Aplikasi si Molek RB Pemprov Babel akan segera di Input dengan mencakup didalamnya Manajemen Perubahan, Penataan Peraturan Perubahan, Penataan Tata Laksana, serta Penguatan Akuntabilitas, Peningkatan pada Kualitas.

Dan lebih lanjut lagi, diungkapkannya, untuk Aplikasi ke Menpan RB akan segera juga  dimasukan dan dikoneksikan sebagai Aplikasi Inti. Sedangkan si Molek RB Pemprov Babel akan menjadi Pendukung.

Dalam pertemuan yang dihadiri perwakilan Inspektorat, jajaran Biro organisasi, BKPSDM, dan OPDF terkait lainnya di lingkup Pemprov Babel itu, disepakati akan dilakukan presentasi sesudah hari hara Idul Fitri nanti dihadapan Kemenpan & RB.

Sementara itu, Wakil Gubernur Abdul Fatah menyebutkan, Aplikasi Si Molek RB dapat diakses oleh masyarakat, untuk melihat dan mengawasi kinerja Perangkat Daerah.

Penerapan aplikasi ini, dijelaskan Wagub, sebagai upaya perubahan dalam penyelenggaraan pemerintahan secara kelembagaan dan pemberdayaan aparatur. Sekaligus untuk mendukung percepatan pelayanan publik oleh aparatur Pemprov Babel.

Sebelumnya, ditambahkan Abdul Fatah, Pemprov Babel juga sudah membentuk tim untuk memantau kinerja aparatur, yakni tim asistensi reformasi birokrasi dan tim evaluasi.

Wagub mengatakan, capaian hasil pelayanan publik dari Kemenpan RB di Pemprov Babel sudah sangat memadai.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas