Subuh Berjemaah di Musholla Nurul Iman Cengkong Abang, Gubernur Ajak Petani Sahang Tiru Vietnam

CENGKONG ABANG, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, kembali melaksanakan sholat subuh berjemaah. Lokasi yang menjadi pilihan pada subuh berjemaah Jumat (7/12/2018) itu, adalah Musholla Nurul Iman Desa Cengkong Abang, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Ikut serta dalam subuh berjemaah tersebut, Kepala BKPSDM Babel, Sahirman, Kepala Biro Kesra Setda Pemprov Babel, Asyraf Suryadin, Kasat PoL PP, sejumlah Pejabat Administrator Setda Pemprov Babel, Kades dan masyarakat setempat.

Gubernur dalam arahannya dalam kesempatan itu mengajak masyarakat Cengkong Abang, terutama Petani Sahang (Lada) agar dapat meniru apa yang telah dilakukan oleh Petani Sahang di Vietnam.

Dijelaskan Gubernur Erzaldi, di Vietnam, Petani disana mereka dalam menanam Sahang benar-benar memperhatikan kualitas bibit sahang yang akan di tanam. Kemudian, diikuti dengan pupuk yang alami, tanpa menggunakan pupuk kimia.

Dengan bibit yang berkualitas didukung pupuk alami, dan cara menanam, memelihara dengan benar, serta kesabaran para petani, maka di vietnam mampu menghasilkan produksi sahang yang banyak dan kualitas baik.

Bahkan di vietna, ditambahkan Gubernur, sahangnyang ditanam hingga berusia hingga 15 tahun, dangan ketinggian junjung hingga 12 meter. "Beda dengan kita di Babel, sahang kita hanya mampu hidup hingga 2 tahun, dan tinggi junjungnya hanya 3-4 meter. Itu karena salah satunya, selama ini petani kita banyak menggunakan bibit sahang palsu, ditambah pupuk bukan yang alami, dan cara menanam yang belum pas," ujar Gubernur.

Gubernur dikesempatan sama meminta Kades Cengkong Abang Zuri untuk mengkoordinir para Petani di daerahnya untuk mengajukan bibit sahang berkualitas ke Pemprov Babel.

Namun, kata Gubernur, sebelum mendapatkan bantuan bibit sahang berkualitasmsecara gratis, para petani harus mengikuti pelatihan penanaman sahang yang baik dan benar di balai benih Pemprov Babel di Pelempeng, Jabupaten Bangka.

Selain itu, Gubernur juga mengajak masyarakat Petani Cenglong Abang untuk tidak menggunakan bibit sawit palsu. Sementara itu, Kades Cengkong Abang, Zuri menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang telah bersedia bersilaturahmi dan sholat subuh berjemaah dengan masyarakat Cengkong Abang.

Gubernur Erzaldi pada kesempatan sama juga menyerahkan bantuan soundsistem untuk Masjid Al Marhamah, yang saat ini dalam proses rehab. (Ahmad/Hasan)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad/Hasan
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas