Syahrudin Buka Bimtek Kurikulum 2013 Bagi Guru SMK

Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H. Erzaldi Rosman, yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ir. H. Syahrudin, M.Si, Senin (17/7/2017) siang, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek)  Kurikulum 2013 (K13) bagi Guru SMK,  Guru Sasaran Tahun 2017, di Gedung Depati Barin, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Babel.

Kegiatan yang berlangsung hingga 21 Juli mendatang tersebut, dilaksanakan dengan tujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia, agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Kurikulum 2013 sendiri memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap dan perilaku.

Syahrudin dalam sambutannya berharap, dengan bimtek ini, akan memberikan pembekalan dan pengajaran mengenai kurikulum 2013, sehingga kurikulum kita akan semakin baik. “Tetaplah mengikuti perkembangan ilmu, fulday atau 6 hari, kita selaku pendidik harus dimanapun, kapanpun dengan metode apapun hasilnya akan lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Syahrudin juga memberikan toleransi bagi Peserta belum hadir, dan mengapresiasi khusus Peserta dari Pulau Belitung maupun Belitung Timur yang sedang dilanda musibah banjir. Untuk itu, Syahrudin berpesan kepada peserta lain dan masyarakat Babel untuk mengulurkan tangan dan memberikan kontribusi untuk meringankan beban bagi masyarakat yang tertimpa musibah.

Sebab, kata dia, dalam membangun karakter, khususnya sikap peduli terhadap sesama merupakan salah satu kriteria dalam Kurikulum 2013.    

Sementara itu, dalam Laporannya, Kepala LPMP Babel, Enang Ahmadi M.Pd menjelaskan, kegiatan ini diikuti sebanyak 114 Guru SMK se Babel, namun masih ada sebagian yang belum hadir dikarenakan sebagian dari Belitung dan Belitung Timur yang sedang dilanda musibah banjir.

Berkaitan dengan Bimtek K13 ini, dikatakannya, Babel untuk seluruh Tingkat Sekolah Sudah mencapai 62%, sedangkan standar nasional 60%. Untuk Tingkat SMA/SMK tahun ini ditargetkan Babel tuntas Bimtek K13, sehingga tahun ini juga SMA/SMK siap melaksanakan Kurikulum 2013.

Kurikulum ini, menurutnya, dampaknya sangat bagus, dengan penguatan pendidikan karakter yang salah satu syaratnya adalah sekolah sudah melakukan Bimtek K13. “Diyakini, dengan melakukan K13 ini, dengan sistem fullday atau 6 hari kerja tidak masalah. K13 ini lebih kepada sikap. Kita harapkan anak Babel mempunyai karakter dan sikap yang bagus, seperti slogan yang dimiliki LPMP Babel “Pacak dan Kawa”,” ujarnya. (Lulus)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas