Tabur Bunga di Pelabuhan Pangkalbalam, Sekda Berpesan Generasi Muda Selalu Semangat

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman yang diwakili Sekda Babel Yan Megawandi, turut serta melakukan tabur bunga di Sungai Baturusa, tepatnya dari atas Kapal  Manau yang bersandar di Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang.

Selain Sekda, tampak hadir dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemedekaan RI ke-73 pada Jumat (17/8/2018) ini,  sejumlah Pejabat Eselon II di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, dunsur Forkopimda.  

Prosesi Tabur Bunga diawali dengan Upacara Penghormatan yang di pimpin Danlanal Babel, M. Taufik langsung dari atas KAL MANAU untuk para Arwah Pahlawan yang gugur di laut demi membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  

Tabur Bunga dari atas KAL MANAU tersebut, dimulai oleh Danlanal Babel selaku Inspektur Upacara yang ditandai dengan pelemparan karangan bunga ke sungai, selanjutnya diikuti Sekda Babel dan unsur Forkopimda.

Sekda Babel Yan Megawandi mengatakan, Tabur Bunga ini merupakan salah satu rangkaian memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73, dimana dalam waktu bersamaan ada tiga kegiatan,  pertama ziarah ke TMP Pawitralaya, kemudian Tabur Bunga di Pelabuhan Pangkalbalam, dan ketiga pemberian remisi di Lapas Tuatunu.

“Kehadiran kita di Pelabuhan Pangkalbalam ini untuk memberikan penghormatan kepada arwah para Pahlawan yang gugur, utamanya pahlawan yang berjuang di pesisir dan di laut Indonesia untuk menegakkan dan mendirikan NKRI. Apa yang kita lakukan ini bagian penghormatan kita sebagai generasi penerus bangsa untuk berjanji menjaga kehormatan, martabat bangsa dan juga memajukan NKRI,” ujar Sekda.

Sebagai generasi penerus bangsa ini, Sekda berharap generasi-generasi yang ada agar mempersiapkan diri menjadi lebih baik dari gerasi pendahulunya. “Persaingan kedepan akan lebih berat dari yang sudah dilalui oleh pandahulu kita. Sehingga meningkatkan kapasitas anak bangsa adalah tugas kita bersama,” jelas Sekda.

Untuk generasi penerus bangsa saat ini, Sekda berpesan, agar selalu semangat mempertahankan dan memajukan Indonesia.

Terpisah, Danlanal Babel M. Taufik mengungkapkan, sebagai anak bangsa Indonesia sudah selayaknya menghargai jasa-jasa para pahlawan yang gugur membela kemerdekaan, sehingga sampai saat ini masih dapat menikmati, bisa hidup berdampingan secara damai di NKRI.

“Semoga apa yang telah diperjuangkan para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita, bisa menjadi tauladan bagi kita semua, dan bisa dijadikan pondasi untuk kita sama-sama membangun negeri ini, khususnya Babel,” harap Danlanal.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas