Tajudin Minta Sopir Bus Patuhi Peraturan Berkendaraan

Pangkalpinang -  Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya, menjelang arus mudik menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Kamis (15/6/2017), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Perhubungan Provinsi bekerjasama dengan UPT Balai Uji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang, melakukan pemeriksaaan laik jalan kendaraan, kesehatan pengemudi dan kenek angkutan umum.

Pemeriksaan laik jalan kendaraan serta kesehatan pengemudi beserta kenek bus yang juga melibatkan Badan Narkotika Nasional Provinsi Babel, dan dihadiri Gubernur Babel H. Erzaldi Rosman yang diwakilkan kepada Asisten Administrasi dan Umum K. A. Tajudin itu, dimulai dari Terminal Girimaya.

Di Terminal Girimaya tersebut, berdasarkan pemeriksaan penguji kendaraan UPT Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang, terdapat 1 kendaraan bus yang tidak laik jalan dan dilarang untuk beroperasi, serta 1 kendaran bus yang diberi peringatan atas kelengkapan kendaraan.

K.A. Tajudin usai disela-sela melakukan peninjauan pemeriksaaan laik jalan kendaraan bus di Terminal Kampung Kramat, meminta kepada pengemudi bus agar mematuhi peraturan yang berlaku dan menjaga keamanan berkendaraan serta melengkapi surat-surat kendaraan, sehingga keselamatan penumpang dan pengemudi dapat terwujud.

Kata Tajudin, mengatakan, selain faktor kondisi kendaraan bus, juga faktor kesehatan pengemudi bus harus terjaga, terutama dari penggunaan narkotika, minuman keras dan penyalahgunaan obat-obat lainnya.   

“Faktor kecelakaan bukan hanya karena faktor kendaraan, tetapi juga dapat diakibatkan oleh pengemudinya, sehingga pengemudi harus menjaga kesehatan, serta apakah pengemudi terindikasi menggunakan obat-obat terlarang, minum-minuman keras dan lain sebagainya, makanya dilakukan pemeriksaan ini,” ungkap K. A Tajudin.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel, Sarjulianto menambahkan, pelaksanaan pemeriksaan laik jalan kendaraan yang telah dilakukan di Terminal Girimaya dan Kampung Kramat dilakukan dengan mengambil sampling dari 4 bus. “Dari 4 bus tersebut, terdapat satu bus yang tidak laik jalan dan dikandangkan sampai bus laik jalan,” terang Sarjulinto.

“Pemeriksaan hari ini meliputi pemeriksaan kondisi badan bus, rem, hand rem, gas, kaca-kaca, kondisi ban yang gundul atau tidak,” urai Sarjulianto.

Pemprov, sambung dia, akan membuat posko di setiap terminal dalam melayani pengguna bus yang akan melakukan mudik menjelang dan setelah lebaran. (Sentosa).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas