Tingkatkan Kualitas Penduduk Babel, Wagub Tegaskan Perlu Ada Komitmen Bersama

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menegaskan perlu adanya komitmen bersama baik itu pemerintah, masyarakat, swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) semuanya melebur dalam satu wadah untuk meningkatkan kulitas penduduk Babel.

Hal ini disampaikan Wagub Abdul Fatah saat menghadiri kegiatan pencanangan Bhakti Sosial Keluarga Berencana dan Kesehatan Bhayangkara Tingkat Provinsi Babel tahun 2018 dalam rangka HUT Bhayangkara ke-72 dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke XXV di Bhay Park Polda Babel, Selasa (10/7/2018).

“Kehadiran kita di sini menunjukkan keseriusan dan kepedulian kita bersama dalam rangka ikut mensukseskan program pengendalian penduduk di Babel. Program paling krusial yang harus kita hadirkan dalam menghadapi bonus demografi pada tahun 2030 adalah bagaimana cara kita menyiapkan dan membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat bersaing tahun ini sampai kita nanti mencapai bonus demografi tersebut," tegas Wagub.

Babel, kata Wagub, termasuk paling tinggi tingkat pernikahan usia dini. “Kita bersama BKKN Babel dan semua pihak terkait harus terus bersemangat dalam mensosialisasikan ke masyarakat tentang pentingnya menikah yang sesuai dengan tataran Undang-Undang Perkawinan, yaitu 21 tahun untuk wanita dan 25 tahun untuk pria,” ujar Wagub.

“Kita juga harus terus mensosialisasikan ke Pasangan Usia Subur (PUS) bahwa dua anak cukup dalam rangka mendukung dan mensukseskan program Keluarga Berencana (KB). Hal ini penting dalam rangka memberikan kesempatan yang panjang bagi kita selaku orang tua dalam memberikan asupan kecukupan gizi kepada balita dan juga sekaligus lebih fokus pada tataran asah, asih, asuh tumbuh kembang balita hingga mereka dewasa nantinya,” ungkap Wagub.

Dalam kesempatan itu, Wagub yang didampingi Wakil Ketua PKK Babel Hj. Laksmi Abdul Fatah, mengapresiasi keberhasilan program kerja yang dilakukan oleh BKKBN Babel dalam rangka mengkampanyekan program KB dengan slogan “dua anak cukup”.

“Langkah kita ke depan yang harus kita lakukan, mari kita secara bersama-sama melakukan penguatan-penguatan agar penduduk di Babel berkualitas secara keseluruhan,” ajak Wagub Abdul Fatah.

Acara ini, turut dihadiri unsur Forkopimda Babel,  Kepala BKKBN Babel Etna Estelita, jajaran petinggi Polda Babel beserta anggota bhayangkari, Kepala Dinas PPPA Dukcapil Pengendalian Penduduk dan KB Babel Susanti, dan unsure terkait lainnya. (Agus).

                       

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agus
Fotografer: 
Agus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas