Tingkatkan Pendapatan Retribusi, Wagub Minta OPD Pembenahan Internal

PANGKALPINANG – Dalam rangka meningkatkan pendapatan retribusi daerah pada tahun 2018, Wakil Gubernur Kepulauan (Wagub) Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkaitan dengan retibusi daerah, agar melakukan pembenahan secara internal.

Hal itu disampaikan Wagub setelah melihat dan mendengar hasil evaluasi pendapatan retribusi daerah yang dikelola masing-masing OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel tahun anggaran 2017, dalam Rapat Peningkatan Pendapatan Retribusi Daerah yang berlangsung di Ruang Tanjung Pesona lantai I Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Selasa (9/1/2017).

Dalam arahannya pada rapat tersebut, Wagub meminta OPD terkait yang mengelola retribusi daerah diantaranya BKPSDM terkait sewa ruang, Dinas Kesehatan berkenaan dengan Lab, Biro Umum terkait penginapan, Badan Penghubung juga berkenaan dengan  penginapan, Dinas PU berkaitan dengan sewa alat-alat berat, Disperindag, Disnaker membenahi hal-hal yang yang berhubungan langsung dengan pendapatan retribusi daerah di internal masing-masing.

Kata Wagub, retribusi merupakan bagian sangat penting dalam upaya pendapatan daerah. Upaya pendapatan retribusi juga dioptimalkan pada jasa umum yang saat ini sangat potensial dari segi pendapatan.

"Saya ingin PAD kita semakin baik. Untuk itu, saya mendukung adanya Retribusi Umum yang merupakan instrumen perencanaan pendapatan dari program pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Babel, agar dapat tersusun secara terencana dan sesuai aturan dan berpenghasilan," tandas Wagub.

Dari paparan Badan Keuangan Daerah Provinsi Babel, pendapatan retribusi daerah pada tahun anggaran 2017, ditarget sebesar 15,44 miliar rupiah. Dari target tersebut hanya terealisasi sebesar target 34, 50 persen atau 5,33 miliar rupiah. 

Rapat Peningkatan Pendapatan Retribusi Daerah yang diisi dengan diskusi dan dipandu oleh Sekda Babel Yan Megawandi ini, diikuti Kepala OPD yang berkaitan langsung dengan Retribusi Daerah, seperti Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PU, Kepala Disperindag, Kepala Disnaker, Kepala BP2PTM, Kepala Biro Umum Setda Pemprov Babel, Kepala Badan Penghubung Setda Pemprov Babel. (Imam).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas