TP PKK Babel Kunjungi RPTRA Gebang Sari Jakarta Timur

Jakarta  Timur – Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengunjungi Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RTPRA) Gebang Sari Taman Caliandra Bambu Apus, Jakarta Timur, Jum’at (23/12/2014).

Rombongan yang terdiri dari TP PKK Provinsi Babel, Kabupaten Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang disambut iringan seni musik islami marawis dan tradisi Palang Pintu, sebagai kesenian khas Betawi dalam penyambutan tamu penting.

Turut dalam penyambutan antara lain Ketua TP PKK Jakarta Timur beserta jajarannya, Sekretaris Umum PKK Pusat, Sekda  Jakarta Timur, Camat Cipayung dan Lurah Gebang Sari.

Tim diajak berkeliling meninjau prasarana dan sarana RPTRA Gebang Sari, dimulai dari tempat bermain dan berkarya untuk Forum Anak, perpustakaan dan PAUD, PKK Mart hingga meninjau tanaman obat keluarga (toga) serta budidaya ikan.

Dari RTPRA, tim yang dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Ketua TP PKK Provinsi Babel Ny Ervina Murniati Yuswandi melakukan pertemuan dengan TP PKK Jakarta Timur di Gedung Kebagusan Melati Jaya. Hadir pada pertemuan diantaranya Plt Ketua PKK Jakarta Timur Ny Tri Rahayu Sumarsono beserta jajaran, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan KB (BPMKB) Pemprov DKI, Dien Ernawati.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan KB (BPMKB) Jakarta Timur Dr Dien Ernawati dalam paparannya menyebutkan, keberadaan RPTRA untuk memenuhi kebutuhan anak terhadap ruang terbuka. Sekaligus memiliki dampak positif dalam mengurangi tawuran antar warga atau pelajar.

“Di samping itu, sinergitas pemberdayaan masyarakat mulai terwujud. Sasaran garapan pembangunan manusia juga mulai fokus. Manfaat lainnya, masyarakat dapat saling berinteraksi,” terangnya.

Sementara Plt Ketua TP PKK Babel Ny Ervina Murniati Yuswandi mengungkapkan, kedatangan mereka untuk melihat serta mengetahui peran PKK dan penerapan 10 program pokoknya di RPTRA. Keberhasilan DKI Jakarta khususnya TP PKK Jakarta Timur dalam mewujudkan RPTRA, menurutnya, patut diberikan apresiasi.

“Selain itu kita ingin mengetahui mitra yang terlibat dan menjalin kerjasama di program RPTRA,” tambahnya.

Melalui kunjungan tersebut, Ervina berharap selain meningkatkan kebersamaan antar PKK provinsi dan kabupaten/kota, juga guna memperoleh gambaran untuk pengembangan 10 program pokok PKK di Bangka Belitung. Penerapannya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi masing-masing daerah. Dirinya ingin program pokok PKK dapat benar-benar memberdayakan masyarakat, terlebih kaum ibu.

Ervina menilai, program pemberdayaan masyarakat melalui lintas sektor maupun sinergitas dengan perusahaan swasta lewat dana CSR (Corporate Social Responsibility) dalam mendukung program pokok PKK, dapat ditiru untuk diterapkan di Babel.

"Bagaimana pola kerjanya, sehingga akan fokus dan jelas sasarannya," ungkapnya. (Yuniar-BPMPD, Mislam-Humaspro)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Yuniar-BPMPD; Mislam-Humaspro
Fotografer: 
Yuniar-BPMPD
Editor: 
Ismail
Bidang Informasi: 
Humas