Tujuh Kabupaten-Kota Serahterimakan P2D ke Pemprov Babel

Air Itam, Pangkalpinang – Berita Acara serah terima pengalihan Personil, Sarana dan Prasarana dan Dokumen (P2D) sebagai amanat Undang - Undang Nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dari kabupaten/kota ke provinsi dilaksanakan di Ruang Pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin (03/10/2016).

Penandatanganan berita acara tersebut, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, S.H, M.Si.

Sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Sekda Yan Megawandi dalam  penandatanganan Berita Acara P2D berdasarkan UU No. 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah mengatakan bahwa penyerahan P2D sebagai akibat urusan pemerintah dan dilaksanakan paling lama selama 2 tahun sejak Undang - Undang ini ditetapkan.

“Penandatangan Berita Acara serah terima pengalihan Personil, Sarana dan Prasarana serta Dokumen (P2D) berdasarkan UU No. 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dilaksanakan paling lambat 2 tahun sejak Undang - Undang ini ditetapkan.” Ungkap Yan Megawandi

Lanjut Yan Megawandi sesuai dengan UU No. 23 tahun 2014, Personil, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta  Dokumen (P3D) yang diserahterimakan meliputi urusan pengelolaan pendidikan menengah, pengelolaan terminal tipe A dan tipe B, pelaksanaan rehabitasi di luar kawasan hutan strategis, pelaksanaan perlindungan hutan di hutan lindung dan hutan produksi, pemberdayaan masyarakat di bidang kehutanan

Selain itu juga meliputi urusan pelaksanaan penyuluhan kehutanan provinsi,  pelaksanaan metrologi legal berupa tera, tera ulang dan pengawasan petugas, pengelolaan tenaga penyuluh KB/petugas lapangan KB (PKB/PLKB), pengelolaan tenaga pengawas ketenagakerjaan.

Penyelenggaraan penyuluh perikanan nasional, penyediaan dana untuk halayak masyakarat tidak mampu, pembangunan sarana penyediaan tenaga listrik belum berkembang di daerah terpencil dan pedesaan juga termasuk dalam Dokumen P3D.

Terkait dengan pendanaan akibat dari urusan pemerintahan daerah lanjut Sekda Yan Megawandi akan di selesaikan paling lambat akhir tahun ini.

“Konsekwensi dari hal ini akan ada penambahan jumlah personil dan aset yang diiringi dengan porsi belanja anggaran belanja pegawai dan pemeliharaan aset dan diselesaikan paling lambat tanggal 31 Desember 2016“ ujar Sekda Yan Megawandi.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima P2D dilakukan langsung oleh Walikota Pangkalpinang, M. Irwansyah, Bupati Bangka Barat, Parhan Ali, Bupati Belitung, Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur, Yuslis Ihza dengan disaksikan oleh Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Sekda Prov Babel dan perwakilan dari Badan Kepegawaian Negara.

Sedangkan Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan dilakukan oleh para wakil bupatinya masing – masing.

Penandatangan ini di hadiri sejumlah pejabat dari Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia, pemerintah di lingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pemerintah kabupaten/kota serta tamu undangan. (Sentosa)

Sumber: 
HumasPRO BABEL
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Erik
Bidang Informasi: 
Humas