UP2K PKK Desa Lubuk Lingkuk Nominasi Juara Tingkat Nasional

Lubuk Besar, Bangka Tengah – Lagi, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), memperlihatkan prestasinya di tingkat nasional. Untuk kali ini, raihan membanggakan itu adalah Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Desa Lubuk Lingkuk Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), yang masuk kedalam nominasi juara Lomba dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak  (HKG) PKK ke-45.

Untuk menentukan siapa juara dari 6 nominasi yang telah ditetapkan oleh Tim TP PKK Pusat tersebut, Selasa (25/7/2017) Tim Penilaian Lomba HKG PKK ke-55 yang di pimpin Dra. AAA Sri Adnyani, MM selaku Ketua Pokja II TP PKK Pusat mengunjungi langsung Sekretariat PKK Desa Lubuk Lingkuk yang berada di Kantor Desa Lubuk Lingkuk.

Kedatangan Tim Penilai Lomba HKG PKK Pusat untuk menilai PKK Desa Lubuk Lingkuk secara langsung, baik dari kesekretariatannya maupun UP2K PKK di lapangan di Kantor Desa Lubuk Lingkuk, yang didampingi langsung Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Babel, Hj. Kartini Yan Megawandi beserta jajaran Kepengurusan PKK Provinsi Babel lainnya, disambut Ketua TP PKK Bangka Tengah dan jajaran kepengurusannya, Camat Lubuk Besar, Kades Lingkuk  dan kelompok UP2K Desa Lingkuk. 

Ketua PKK Desa Lingkuk, Salena Goji dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Tim Penilai Lomba HKG PKK Pusat yang telah memberikan kesempatan kepada PKK Desa Lingkuk masuk dalam nominasi juara tingkat nasional.

“Harapan kami, PKK Desa Lingkuk yang menaungi kelompok UP2K  tidak hanya menjadi nominasi saja, akan tetapi bisa menjadi juara pertama,” kata Salena.

Dalam kesempatan sama, Ketua kelompok UP2K Karomah Desa Lingkuk, Asnah Oktarina menyampaikan, ada lima kelompok UP2K yang menjadi binaan PKK Desa Lingkuk. Pertama, Kelompok Lebah Kelulut. Kedua, Kelompok Beras Aru. Ketiga dan Keempat, Kelompok Makanan Olahan Hasil Laut (Ikan). Kelima, kelompok Kerajinan Ranjutan.

“Lima kelompok UP2K ini kami bentuk karena melihat kondisi potensi sumber daya alam yang belum tergarap maksimal, terutama dari sisi nilai ekonominya,” jelas Asnah.

Ketua TP PKK Provinsi Babel. Hj. Melati Erzaldi dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Ketua II TP PKK Babel, Hj. Kartini Yan Megawandi, juga menyampaikan terimakasih kepada Tim Penilai Lomba HKG PKK ke-45 tingkat nasional yang telah memasukan PKK Desa Lingkuk dalam nominasi juara tingkat nasional.

“Perlu kami sampaikan, Desa Lubuk Lingkuk Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah ini, merupakan pemenang pertama kategori lomba kelompok UP2K PKK tingkat Provinsi Babel, yang penilaiannya sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Kami yakin dan percaya Tim Penilai Lomba akan melakukan penilaian secara objektif. Harapan kami unggulan kami bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Pusat diwakili Pokja II TP PKK Pusat Hj. Heni Yuli Hartati mengatakan, kualitas kegiatan lomba dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 ini, semakin baik, dan membawa nilai positif terhadap pencapaian pemberdayaan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan.

“Manajemen lomba dalam rangka HKG PKK saat ini meliputi materi proses mekenisme penilaian sampai dengan penentuan juara hingga akhir benar-benar dilakukan secara berjenjang, terbuka dan akuntabel. Melalui manajemen penilaian seperti itulah, kita harus memaknai lomba ini agar memiliki nilai strategis dan mendasar, sehingga mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat luas, termasuk  para pelaku pembangunan, para pimpinan dan pemimpin semua tingkatan, bahwa sesungguhnya aspek kewaspadaan, kemandirian dan kegotong-royongan itu merupakan faktor kunci dalam proses pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat,” jelas Heni.

Ia berharap, berharap kegiatan lomba tidak hanya merupakan kegiatan sesaat menjelang lomba, namun lebih kepada pembinaan berkelanjutan yang dilakukan secara berjenjang. “Dengan alasan itu pula, saya mengajak kepada kita semua agar kita tidak segan-segan untuk belajar dari pengalaman pelaku pembangunan dan para penyelenggara pemerintah desa yang dapat kita jadikan referensi dalam pelaksanaan tugas kita,” ungkapnya.

Heni menyebutkan, para pemenang lomba nantinya, akan diberikan penghargaan berupa uang pembinaan. Walaupun jumlahnya tidak besar, diharapkan dapat dijadikan penyemangat, dan dapat mendukung pelaksanaan kegiatan. Terkait dengan pemberian dana pembinaan bagi para pemenang, tidak akan diberikan secara tunai, tetapi dikirim melalui rekening desa atau kelurahan.

“Untuk itu, dimohon kepada para Kepala Desa atau Lurah setempat untuk dapat memfasilitasi membuat rekening atas nama desa atau kelurahan, NPWP atas nama desa atau kelurahan, serta bukti referensi dari bank yang menyatakan bahwa rekening tersebut masih aktif,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, jangan sampai pemberdayaan keluarga itu hanya dijadikan sebagai kata-kata belaka, pemberdayaan keluarga harus bisa diwujudkan, harus bisa dirasakan manfaatnya oleh setiap keluarga maupun masyarakat. Keluarga dan masyarakat harus dilibatkan sebagai pelaku pembangunan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan maupun tahap lanjutan.

“Dalam kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan segenap jajarannya yang memberikan bantuan dan dukungan terhadap TP PKK, sehingga PKK mampu berperan sesuai tugas dan fungsinya,” Tutup Heni.

Selain menilai administrasi sekretariat PKK Desa Lingkuk, Tim Penilai Lomba HKG PKK Pusat juga melihat langsung hasil produksi UP2K Desa Lingkuk, termasuk meninjau langsung lokasi Madu Kelulut yang diproyeksikan menjadi objek wisata baru di Kabupaten Bangka Tengah.(ahmad).

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Agoeng
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas