UPTD BPP Wilayah Belitung Gelar Kegiatan Temu Wisata Desa

Belitung – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pengembangan Pariwisata (BPP) Wilayah Belitung kembali menggelar Kegiatan Temu Wisata Desa dalam rangka mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Kelayang di Kabupaten Belitung.

Kegiatan ini, dipusatkan di Aula Desa Pelepak Pute, Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, Jum’at (13/12/2019) pagi.

Dalam sambutannya, Kepala Disbudpar Babel, Rivai diwakili Kepala UPTD BPP Wilayah Belitung, Haryadi mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan melibatkan masyarakat dalam kepariwisataan yang berbasis Community Bases Tourism (CBT). 

Sehingga diharapkàn peran serta dan keterlibatan masyarakat lebih dominan dalam menunjang dan menyukseskan pembangunan kepariwisataan di daerah tersebut.

Haryadi menambahkan, Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Pelepak Pute ini, dimaksudkan untuk mendukung potensi wisata budaya dan seni yang sedang berkembang di Dusun Balitung, yakni  Dusun Trans Bali, yaitu warga Bali yang tergabung dalam kelompok para seniman dan budayawan asal Bali yang ikut transmigrasi ke Pulau Belitung pada tahun 1990-an.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Hermanto mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Babel melalui Disbudpar Babel yang telah menyelenggarakan kegiatan Temu Wisata Desa ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menyambung dan menyampaikan informasi dan aspirasi dari masyarakat desa yang peduli dengan pembangunan sektor pariwisata dan keberlanjutan lingkungannya,” ujar Hermanto.

Ia mengatakan, pentingnya inventarisasi seluruh potensi daya tarik wisata yang ada di setiap desa. "Jangan lupa bahwa kunci keberhasilannya adalah kebersamaan dan kekompakan kelompok serta terus berupaya untuk membuat jejarig pariwisata,” pungkas Hermanto. 

Kegiatan ini, diikuti sejumlah Pejabat Pengawas UPTD BPP wilayah Belitung, perwakilan Pemerintah Desa Kabupaten Belitung, Camat Sijuk, sejumlah 40 orang peserta yang terdiri dari 15 orang Ketua RT, 3 orang Kepala Dusun, 2 utusan dari Badan Permusyawaratan Desa, Kelompok Sadar Wisata Desa Pelepak Pute, perwakilan Karang Taruna, perwakilan pengelola destinasi wisata Dusun Balitung, perwakilan sanggar seni dan tari dari Dusun Balitung, kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) desa, tokoh budaya Dusun Balitung dan pengelola homestay dan unsur terkait lainnya.

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Yadi/Agus Purnama
Fotografer: 
Enden/Venny
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas