Via Video WA, Gubernur Instruksikan Bentuk Satgas Pencegahan Covid-19

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Meski berada di luar daerah, namun Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman terus memantau kondisi yang ada di Babel. Bahkan, via Video Whatsapp (WA) menginstruksikan jajarannya untuk segera membentuk Satgas Pencegahan Virus Corono atau Covid-19.

“Segera dibentuk satgas yang akan menangani pencegahan dan penyebaran virus corona,” tegas Gubernur via Video WA dalam Rapat Pembahasan Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Ruang Tanjung Pendem Kantor Gubernur Babel, Senin (16/3/2020) sore.

Dalam Rapat yang di pimpin Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah, dihadiri Ketua DPRD Babel, Kapolda Babel, Ketua Dewan Pendidikan Babel, Sekda Babel, GM Bandara Depat Amir, Kepala KKP Pangkalpinang, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, sejumlah Kepala OPD Pemprov Babel lainnya, Pengusaha Pariwisata, serta instansi terkait lain di Babel, Gubernur Erzaldi menyebutkan, satgas yang dibentuk mengikutsertakan PMI, KNPI, Anggota Pramuka. 

Dengan begitu, kata Gubernur, dapat dilakukan penyemprotan di beberapa lokasi umum seperti Bandara, Masjid, Gereja dan tempat ibadah lainnya.

Terkait dengan suspect virus corona, ditambahkan Erzaldi, agar suspect virus corona yang ada segera dilakukan isolasi selama 14 hari, dan pasien dapat dipantau dengan baik oleh rumah sakit yang ditunjuk.  

Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono mengatakan, saat ini, pihak melakukan pemantauan terhadap 2.620 orang, dengan hasil  2.277 orang sudah selesai dipantau. Dan saat ini, masih ada tiga pasien suspect Corona yang masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Suspect corona di Babel, kata Mulyono,  sebanyak 5 orang, dan sudah melalui proses Pasien Dalam Pengawasan yang akan dilakukan pengawasan lebih mendalam, diharapkan segera sembuh.

Kendati begitu, kondisi Babel masih kondusif. "Kami prediksi kalaupun ada dalam 3 bulan ke depan maksimasl 10 orang apabila dijaga betul secara masif. Saya optimis Babel masih bisa dikendalikan dalam 3 bulan ke depan," ujar Kadinkes Babel, Mulyono. 

Langkah yang harus dilakukan saat ini, untuk mencegah covid-19, dikatakan Mulyono, adalah dengan memperketat pintu masuk para pengunjung dari luar daerah seperti di bandara maupun tempat keluar masuk masyarakat dari luar daerah. Selain itu, dinas kesehatan juga melakukan sosialisasi dan kesiapan rumah sakit yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan pasien suspect virus corona di Babel.

Wagub sembari memimpin rapat meminta Kadinkes Babel untuk merinci lebih detil apa saja yang dibutuhkan untuk mencegah virus corona ini, termasuk anggarannya untuk bisa diajukan ke DPRD Babel.

Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya menyatakan DPRD siap mendukung untuk penganggaran dalam rangka kebutuhan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini. 

Hanya saja, Didit berharap, dalam melakukan antisipasi penyebaran covid-19 ini, aparatur pemerintahan jangan sampai membuat masyarakat panik.

Sementara itu, Kapolda Babel  menyampaikan pihaknya siap mengerahkan personel untuk membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan terhadap virus corona. 
 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas