Wagub Abdul Fatah Serahkan Beasiswa BAZNAS-PSM

PANGKALPINANG - 600 Pelajar SMA/SMK se- Bangka Belitung menerima beasiswa Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) - Pertamina Spritual Marketing (PSM) tahun 2017.

Beasiswa dengan total Rp600 juta tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah kepada perwakilan Pelajar SMA/SMK, di Hotel Grand Mutiara Pangkalpinang, Rabu (20/12/2017) pagi.

Wakil Gubernur usai menyerahkan Beasiswa mengatakan, keberadaan BAZNAS sebagai lembaga pemerintahan non struktural di bawah naungan kementerian Agama, menjadi instrumen untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulanagan kemiskinan di khususnya di Bangka Belitung.

“Zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam meningkatkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat dengan terbantunya penerima zakat, sehingga masalah sosial yang ada dapat di bantu dengan baik,” ujar Wagub.

Terkait dengan beasiswa yang diberikan Pertamina melalui Hiswana Migas, Abdul Fatah mengucapkan terima kasih atas inisiatifnya dalam memberikan bantuan yang telah disampaikan ke BAZNAS, dan dikelola oleh BAZNAS serta diserahkan kepada pelajar SMA/SMK se Babel.

Selain itu, Abdul Fatah mengatakan, kerjasama antara Pemerintah dan Pertamina melalui bantuan beasiswa yang merupakan fungsi sosial sebuah BUMN kepada masyarakat,  agar selalu terbina dengan baik.

Ia berpesan kepada pelajar penerima beasiswa agar memanfaatkan beasiswa BAZNAS –PSM tahun 2017 ini, dengan baik.

Sementara itu, Kepala BAZNAS Babel Sopian Sauri yang juga hadir pada kesempatan itu menerangkan, beasiswa yang diterima oleh pelajar SMA/SMK ini, merupakan fungsi sosial sebuah BUMN dalam membantu anak-anak kurang mampu yang saat ini mengenyam pendidikan di tingkat atas dan kejuruan.

Ketua Hiswana Migas Babel, Suhendar dalam kesempatan sama menyebutkan, beasiswa yang diserahkan kepada BAZNAS merupakan bentuk partisipasi Hiswana Migas dalam membantu masyarakat yang kurang mampu melalui program pendidikan.

“Dari setiap SPBU yang ada di Bangka Belitung dalam penjualan Pertamax, Pertalite, Dexlite diluar premium dikumpulkan 10 rupiah hasil perjualannya, serta diserahkan kepada BAZNAS Provinsi dan dikelola dalam bentuk beasiswa BASNAS – PSM. Dan untuk tahun 2017 terkumpul sebesar 600 juta rupiah,” ungkap Suhendar. (Sentosa)

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentoa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas