Wagub Abdul Fatah Terima Hasil Pemeriksaan BPK RI

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menerima secara langsung hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dari Widy Hidayat Kepala BPK RI Kepulauan Bangka Belitung.

Penyerahan tersebut, berlangsung Jumat (17/1/2020) pagi, di Auditorium Kantor Perwakilan BPK Bangka Belitung, dalam acara Penyerahan LHP Kinerja atas Upaya Pemda dalam Membangun Destinasi Pariwisata di Wilayah Kabupaten Belitung dan Pemerintah Provini Kepulauan Bangka Belitung serta Kepatuhan atas Belanja Daerah Bidang Infrastruktur TA 2019 pada Provinsi Kepualaun Bangka Belitung.

Selain Pemerintah Provinsi, Penyerahan hasil BPK juga diterima Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Amri Cahyadi, Bupati Bangka Barat Markus dan Ketua DPRD Bangka Barat, serta Bupati Bangka Selatan dan Ketua DPRD Bangka Selatan.

Wagub  Abdul Fatah dalam sambutannya mengatakan, pertemuan ini sangat penting bagi Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, karena menggambarkan beberapa catatan-catatan penting hasil pemeriksaan yang haus diperbaiki. 

“Dalam waktu 60 hari hasil pemeriksaan ini harus ditindaklanjuti. Jika tidak ditindaklajuti maka akan jatuh lagi ke tataran paling bawah. Ini akan kita tindaklajuti,” katanya.

Catatan-catatan strategis tersebut, dijelaskan Wagub, yang pertama kinerja upaya pemerintah dalam membangun desnistasi wisata, yang kedua, kepatuhan terhadap infrastuktur. Kepatuhan itu, tentunya akan segera ditindaklajuti dan dipertangungjawabkan.

“Kita juga akan ada audit selam 45 hari. 45 tersebut kita akan melakukan percepatan dan berlomba untuk percepatan tindaklajutnya,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Wagub berharap, kekurangan-kekurangan yang  ada bisa menjadi semangat pemeritah daerah untuk bekerja lebih baik lagi kedepanya, dan tingkat koordinasi antar lembaga semakin lebih baik lagi.

Sebelumnya, Widy Hidayat Kepala BPK RI Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan, untuk kedepan pencapaian realisasi belanja infrastuktur daerah dapat sesuai  dengan target pekerjaan yang direncanakan di awal tahun, sehingga tidak terjadi penumpukan pekerjaan di akhir tahun dan permasalahan-permasalahan yang menjadi temuan BPK dapat terhindarkan. 

Selan itu, BPK juga berharap Gubernur Bangka Belitung, Bupati Bangka Selatan dan Bupati Bangka Barat beserta jajarannya dapat segera menindaklajuti rekomendasi temuan-temuan BPK, agar pelaksanan kegiatan belanja daerah lebih efektif dan berjalan dengan peraturan yang berlaku serta pembangunan destinasi wiasata di wilayah Kabupaten Beltiung dapat terlaksana dengan efektif yang pada akhirnya dapat mengangkat perekonomian wilayah dari pariwsata tersebut. 

Penyerahan hasil BPK tersebut, juga dihadiri Pj Sekda Babel, Kepala Inspektorat Provinsi Babel, Bangka Selatan dan Bangka Barat beserta OPD terkait lainya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas