Wagub: Babel Komitmen Menjunjung Tinggi Demokrasi

PANGKALPINANG - Walaupun suasana dibawah rintik  hujan, namun masyarakat Babel tetap bersemangat menghadiri Deklarasi Masyarakat Pengawasan Partisipatif (GEMPAR) yang dilaksanakan di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang.

"Dalam penyelenggaraan deklarasi  ini, walaupun hujan turun, masyarakat  tetap antusias mengikutinya. Ini merupakan bukti  bahwa Bangka Belitung memegang komitmen dalam menjunjung tinggi demokrasi," ungkap Wagub, dalam sambutannya pada acara Deklarasi GEMPAR, Sabtu (3/11/2018).

Wagub Abdul Fatah mengajak masyarakat untuk mendeklarasikan serta mengikrarkan didalam diri masing - masing untuk menjadi masyarakat pengawas parsitipatif yang aktif, sehingga pelaksanaan pemilu di Babel berjalan dengan lancar dan aman.

"Apabila masyarakat menemukan persoalan ataupun kecurangan pemilu , masyarakat dapat melaporkannya kepada yang berwenang," ajak Abdul Fatah

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Irawan mengatakan penyelenggaraan pemilu 2019 yang berkualitas harus dilaksanakan secara jujur dan adil. 

Edi mengharapkan partisipasi masyarakat sebagai pemilih dalam melaksanakan pemilihan umum berjalan dengan baik juga sebagai pengawas yang partisipatif. 

Deklarasi GEMPAR  ini sendiri diikuti lebih kurang 1000 orang,  terdiri dari perwakilan  Forkopimda Babel, Bawaslu Kabupaten/kota se- Babel, Ketua KPU Babel, Mahasiswa Ormas/LSM dan para komunitas yang tergabung dalam GEMPAR.

Deklarasi  tersebut  berisikan “Kami Gerakan Masyarakat Pengawasan Partisipatif Pemilu tahun 2019 Bangka Belitung dengan semangat persatuan dan persaudaraan menyatakan, siap menciptakan Pemilu yang aman tertib dan damai demi terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan bangsa serta terpeliharanya keutuhan NKRI, siap menjunjung tinggi integritas pemilu berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, serta siap menolak dan mencegah terjadinya politik uang, politisasi sara, ujaran kebencian dan hoax pada Pemilu 2019". (Sentosa).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas