Wagub Bangga Putra-Putri Babel Mampu Bangun Kapal Perintis

Pangkalpinang - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Drs. H. Abdul Fatah, M.Si menghadiri peluncuran Kapal Perintis tipe 1200 GT  yang di beri nama Kapal Motor Sabuk Nusantara 110 milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dari Galangan Kapal PT. Pahala Harapan Lestari Pangkalbalam Ketapang, Pangkalpinang, Senin (4/9/2017) malam.

Wagub Abdul Fatah dalam sambutannya pada kesempatan itu, menyampaikan rasa bangganya atas usaha Putra-Putri Babel yang sudah mampu  melaksanakan membangun 2 unit kapal perintis dan dikerjakan di Galangan Kapal PT Pahala Harapan Lestari.

"Kita merasa bangga putra-putri Bangka Belitung sudah mampu memberikan daya dan upayanya dalam pembuatan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara seperti ini," ungkap Abdul Fatah.

Dengan tumbuhnya industri-industri galangan kapal  di Bangka Belitung, dapat menyerap tenaga kerja.

Selain itu, Abdul Fatah mengatakan, dengan pembangunan kapal perintis yang ada, akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah kepulauan di nusantara, sehingga wilayah laut Indonesia dapat terjangkau.

Sementara itu, Irwan Rudyanto Direktur Utama PT Pahala Harapan Lestari mengatakan,  pembangunan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 110 dipercayakan kepada PT Pahala Harapan Lestari sebagai perusahaan galangan kapal di Bangka Belitung, serta telah meluncurkan KM Sabuk Nusantara 96 pada Bulan Agustus 2017.

Dalam proses pembangunan kapal perintis dan keselamatan kerja bagi para pekerja, kata dia, diutamakan dan dilakukan secara maksimal, serta  sesuai dengan kontrak yang dilakukan.

Terkait dengan keselamatan kerja , Irwan  juga mengatakan, pihaknya telah mendapatkan ISO 14001 yang tersertifikasi dan merupakan aspek utama dalam pengerjaan kapal-kapal dari galangan kapal tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Perhubungan Laut RI yang diwakili Een Nuraini Saidah selaku Kepala Sub Bidang Angkutan Laut Luar Negeri Dirjen Perhubungan RI  mengungkapkan, pemerintah melalui Dirjen Perhubungan Laut telah membangun dan sedang membangun 100 Kapal Perintis yang telah direncanakan mulai tahun 2015.

Een Nursaidah juga mengatakan, peluncuran kapal perintis yang ada di wilayah kepulauan nusantara, memberikan dampak positif dalam meningkatkan perekonomian daerah pesisir.

Turut hadir dalam acara peluncuran Kapal Perintis tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Babel, Ir. Sarjulianto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung Bayu Martanto, Kepala Cabang Bank BCA, dan pejabat terkait lainnya. (Sentosa)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas