Wagub Berharap KID Kawal Keterbukaan Informasi di Babel

Air Itam, Pangkalpinang - Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Babel, Suharto, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Babel, H.K.A. Cholil, S.Pd., I., M.Si, Senin (12/6/2017), beraudiensi dengan Wakil Gubernur (Wagub) Babel, H. Abdul Fatah, di Ruang Kerjanya.

Dalam Pertemuan tersebut, ada beberapa hal disampaikan kepada Wagub Abdul Fatah, utamanya mengenai Keterbukaan Informasi, termasuk didalamnya penguatan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID).

Wagub Abdul Fatah dalam sambutannya menyampaikan KID Babel sebagai mitra, yang program-programnya melekat di Diskominfo Babel, kiranya dapat mengawal era keterbukaan informasi khususnya di Babel ini.

Melalui pertemuan ini, Wagub berharap, dapat memetakan seluruh kendala-kendala yang dihadapi dan dapat mencari solusi untuk menyelesaikannya terkait Keterbukaan Informasi.

Menyangkut penguatan PPID yang telah disampaikan, Wagub Abdul Fatah mempunyai solusi, yakni perlunya “Pemintaran” /Bimbingan Teknis bagi Pengelola PPID, dengan harapan adanya kesepahaman. PPID Utama maupun PPID Pembantu yang ada di seluruh Perangkat Daerah dapat mengategorikan seluruh  informasi. Jika sudah terkategori, menurutnya, Informasi ini harus diuji oleh KID.

“Disini peran KID, dengan hasil pengujian tersebut, kita bahas dan keluar rekomendasi, serta menjustifikasi yang pada akhirnya nanti kita bisa membuat Perda mengenai keterbukaan informasi ini,” ujar Wagub.

Kedepan, Wagub juga berharap Layanan Informasi ini bisa menggunakan sistem elektronik, sehingga dapat dengan mudah orang secara langsung dan tinggal melihat di perangkat lunak yang telah disediakan mengenai informasi yang dibutuhkan, sehingga meminimalisir terjadinya sengketa. Dan harapannya pula dengan sistem tersebut, Babel menjadi yang terdepan  dalam keterbukaan informasi ini.

Sementara Ricky Permana, Ketua KID Babel menerangkan, Lembaga  yang dibentuk pada tahun 2013 ini, selalu melaporkan tiap tahun hasil kinerjanya kepada Gubernur.  Dengan Kegiatan Audiensi ini, pihaknya berharap dapat mendorong keterbukaan informasi Publik di Babel. Sehingga  OPD yang ada berkomitmen memberikan layanan terbaik dalam rangka menuju tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik dengan memberikan informasi yang sebaik-baiknya kepada masyarakat/publik.

Dari pertemuan tersebut, Pemprov Babel sangat mendukung dan mendorong memberikan pelayanan terbaik dalam memberikan informasi yang dibutuhkan. Artinya,  OPD yang ada harus siap dalam era keterbukaan informasi publik.

Ia menjelaskan, KID yang merupakan lembaga nonstruktural dibentuk oleh UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi PubliK,  tugasnya adalah menjalankan UU Keterbukaan Publik. “Kalau ada sengketa yang dimohonkan oleh masyarakat kita bertugas untuk menyelesaikan sengketa informasi tersebut,” ucapnya.

Dalam permohonan informasi tersebut, masyarakat tidak serta merta langsnung ke KID, tetapi ada mekanisme yang salah satunya adalah melalui PPID Pembantu dan PPID Utama yang ada di Biro HUmas dan Protokol, sehingga sebelum terjadi sengketa harus diperkuat  PPID tersebut.

Dalam kesempatan sama, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Babel, H.K.A. Cholil, menyampaiakan bahwa pihakinya telah melakukan berbagai upaya untuk keterbukaan informasi ini. Dari Penguatan PPID Utama, Sosialisai ke seluruh OPD akan pembentukan dan penguatan PPID Pembantu, juga telah disiapkan web yang memuat informasi umum badan publik, informasi struktur organisasi dan program, serta informasi yang wajib tersedia setiap saat.

Bersama dengan KID dan Diskominfo serta Biro Hukum Setda Babel, ditambahkan Cholil, nantinya dapat memperkuat lembaga PPID. “Banyak hal yang harus kita lakukan disana salah satunya membuat daftar informasi publik, dan membuat uji konsekwuensi informasi mana yang dikecualikan. Dan dengan ditambah penguatan Perda, agar kita punya payung hukum yang lebih kuat,” tandas Cholil.

Di akhir pertemuan, secara simbolis Ketua KID Babel memberikan Laporan Hasil Kinerja tahun 2016 kepada Wagub Abdul Fatah. (Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas