Wagub Buka Bincang Pagi SPIP “Yuk Ngopi Luk”

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fattah membuka secara resmi Acara Bincang Pagi SPIP "Yuk Ngopi Luk", di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Selasa (15/5/2018).

Kegiatan yang diselenggerakan atas kerjasama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan BPKP Bangka Belitung serta TVRI Bangka Belitung ini, mengambil Tema “Akselerasi Peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP”.

Kegiatan yang disiarkan dan dipandu langsung oleh Kepala TVRI Bangka Belitung, Sri Widayat ini, berisi Talk Show atau diskusi berkaitan dengan Tema yang diangkat yaitu SPIP dan APIP dengan Moderator Kepala Perwakilan BPKP Bangka Belitung, Raden Suhartono, dengan Nara Sumber Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh dan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto, serta diikuti oleh Forkopimda, Sekretaris Daerah dan Inspektur Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Bangka Belitung.

Dalam Pembukaannya, Wagub Abdul Fattah menyampaikan, mengacu pada PP nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Tentang Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat, serta PP nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional dalam rangka menyediakan kebutuhan dasar dan meningkatkan Infrastruktur, Pihaknya menyadari perlunya Peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP.

Wagub berharap APIP berada pada Level-3 pada tahun 2019, sesuai dengan target RPJMN 2015-2019.

Berkenaan dengan itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung BPKP dalam meningkatkan Kapasitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga kata Wagub, berkomitmen untuk meningkatkan Akuntanbilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan bekerjasama dengan BPKP, seperti apa yang telah dilakukan sejak tahun 2017, yaitu salah satunya pengelolaan keuangan dengan Simda.

Oleh sebab itu, dirinya mengajak Kepala Daerah Se Bangka Belitung untuk bersinergi dengan berbagai pihak termasuk Forkopimda dan BPKP dalam meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan melalui mitigasi resiko dan pengendaliannya. Salah satu tujuannya juga adalah tercapainya Laporan Keuangan dengan predikat WTP. 

Usai Pembukaan langsung dilanjutkan Diskusi oleh Moderator dan Nara Sumber. Pada diskusi itu, Narasumber yang juga Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh memaparkan Strategi Penerapan SPIP menuju Level 3 pada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

Ia menjelaskan, dalam usaha mencapai hal tersebut, tidak hanya tugas dan tanggung jawab Inspektorat sebagai lembaga pengawas internal saja, tetapi dibutuhkan komitmen bersama antar lembaga. Dan yang lebih utama adalah Komitmen dari Pimpinan tertinggi dalam sebuah organisasi.

Sementara Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto menjelaskan, dalam sebuah Organisasi, Manajemen Pemerintahan, SPIP dan APIP merupakan tiga Pilar Utama Organisasi, dimana jika tiga pilar tersebut tidak kokoh, maka akan merobohkan organisasi tersebut.

Karena  itu, menurutnya, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan khususnya untuk kelangsungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Bangka Belitung. 

Dijelaskannya juga bahwa peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP pada Level 3 di setiap Lembaga Pemerintah tahun 2019 merupakan amanah langsung Presiden RI Joko Widodo, untuk menuju Pemerintahan yang Good Governance.

Untuk itu, dibutuhkan Komitmen Pemerintah dalam memperkuat Kelembagaan melalui Kematangan SPIP dan Kapabilitas APIP.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas