Wagub Buka Dialog Kebangsaan “Peran Pemuda Milenial dalam Merawat Kebhinekaan”

 

PANGKALPINANG –Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Jumat (30/11/2018) siang, membuka Kegiatan Dialog Kebangsaan yang mengusung tema “Peran Pemuda Milenial dalam Merawat Kebhinekaan”.

Dialog ini, merupakan rangkaian Kegiatan Milad ke-73  Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII),  yang diselenggarakan di Ruang Pantai Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel.

Wagub Babel Abdul Fatah dalam arahannya mengatakan, acara ini sangat penting dan tinggi nilainya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia sangat mengapresiasi Pengurus Wilayah (PW) GPII Babel yang mengangkat tema dalam Dialog Kebangsaan.

“Generasi Milenial menduduki posisi penting pada saat ini. Tidak hanya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saja, namun Indonesia bahkan dunia. Generasi Milenial yang berada pada tataran era 2000-2018, dituntut harus melek teknologi dalam rangka menghadapi persaingan global yang semakin tajam,” ungkap Wagub.

Di pundak generasi milenial inilah, kata Wagub, estafet kepemimpinan. “Ingat, tantangan ke depan makin ketat. Untuk itu, Generasi Milenial, harus memiliki kemampuan dasar yang mumpuni agar bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” tandasnya.

“Di tahun 2030 hingga 2045 nanti, Generasi Milenial merupakan bagian dari bonus demografi yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Jadi, saya minta bekali dan siapkan diri kalian dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, tentunya juga harus dibekali dengan iman dan taqwa dalam menjaga dan merawat kebhinekaan ini,” pesan Wagub.

Ditambah Abdul Fatah, sebagai Generasi Milenial, harus memahami betul Pancasila sebagai Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Dan pada tataran demokrasi di Indonesia, kita harus mampu merawat kebhinekaan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PW GPII Babel, Syafi Hariansyah (Anca) mengatakan,  tujuan PW (GPII) Babel menggelar Dialog Kebangsaan ini, ingin share gagasan peran Generasi Milenial dalam merawat kebhinekaan di Babel, sekaligus mengajak Generasi Milenial Babel untuk berpikir visioner dalam merawat kebhinekaan dalam wadah NKRI.

Dialog Kebangsaan itu menghadirkan narasumber Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Tengah, Muhammad Anas Ma’ruf, Kepala Kesbangpol Babel, Tarmin, Ketua KNPI Babel, Muhammad Irham, Penulis dan Pemerhati Sosial Budaya, Ahmadi Sofyan.

Hadir sebagai Peserta sekitar 100 orang, yang terdiri dari unsur mahasiswa-mahasiswi dari STKIP Muhammadiyah, IAIN, UBB, Poltekes, UT, Stikes Abdi Nusa, Akbid Citra Delima.

Di Kesempatan yang sama,  sebelum Acara Dialog Kebangsaan dimulai, dilakukan prosesi pemotongan tumpeng oleh Wakil Gubernur Abdul Fatah dalam rangka Milad ke 73 Organisasi GPII.(Agus).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agus
Fotografer: 
Agus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas