Wagub Buka FGD Verifikasi Proses Penyusunan Dokumen RKPD Babel 2019

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, membuka Focused Grup Discussion (FGD) Verifikasi Proses Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Babel tahun 2019.

Kegiatan yang dihadiri Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov), Wakil Ketua DPRD Babel, dan unsur terkait lainnya pada Senin (11/3/2019), dan berlangsung di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel  ini, merupakan tahapan penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2019 oleh Kementerian PPN atau Bapenas.

Wagub dalam sambutannya meminta kepada seluruh Kepala OPD dan pejabat di lingkungan Pemprov Babel agar berdiskusi dan memahami apa yang ditanyakan oleh Tim Penilai Bapenas. Hal itu agar sesuai dengan tahapan yang dilakukan untuk penilaian Penghargaaan Pembangunan Daerah.

"Saya rasa dengan kehadiran Tim Penilaian dari Bapenas, kita akan menjadi paham dan lebih memahami kekurangan dan kelemahan RKPD kita," kata Wagub.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, apabila OPD dan peserta yang hadir kurang paham atas poses verifikasi Penyusunan Dokumentasi RKPD tahun 2019, bisa bertanya secara langsung kepada Tim Penilai, sehingga dapat mengerti apa yang harus dilakukan dalam proses verifikasi RKPD ini.

Menurut Wagub, RKPD Provinsi Babel sudah sesuai dengan prosedur dan tahapan- tahapan, mulai dari persiapan penyusunan rancangan awal, penyusunan rancangan pelaksanaan Musrenbang dan perumusan rencana akhir serta penetapan.

"Berkaitan dengan kegiatan ini, secara prosedural RKPD, kami telah mengikuti kaidah-kaidah dan ketentuan Kemendagri," tegas Wagub.

Sementara itu, Sri Bagus Guritno Tim Penilai Utama Bapenas mengatakan, tujuan diadakannya FGD Verifikasi Penyusunan Dokumentasi RKPD adalah untuk mendapatkan informasi lebih mendalam terhadap proses pelaksanaan pembangunan di daerah, terkait dengan proses penyusunan dokumentasi RKPD 2019 dan capaian sasaran pembangunan. Serta inovasi yang di kembangkan melalui pemangku kepentingan di luar Bapeda.

Sebelumnya, Feri Insani Kepala Bappeda Babel dalam sambutan singkatnya mengatakan, kegaiatan ini dilakukan setiap tahun, dan pada tahap Verifikasi, Tim Penilai akan bertanya dan melakukan penilaian atas tahapan proses perencanaaan di setiap kegiatan.

"Proses perencanaan di Babel akan di sampaikan ke tingkat nasional," pungkas Feri.

FGD, di tutup dengan melakukan foto bersama Tim Penilai dari Bapenas dengan Wagub, dab peserta FGD.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas