Wagub Buka Raker Pengurus Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Air Itam, Pangkalpinang - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Drs. H. Abdul Fatah, M.Si membuka Rapat Kerja (Raker) Pengurus Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan Provinsi Babel yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Babel, di Ruang Kerjanya, Senin (15/5/2017).

Wagub didampingi Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Babel, Drs. H. Tarmin, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa sehubungan dengan Pembinaan Wawasan Kebangsaan terkait 4 pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika ini, Tim harus betul-betul mengangkat masalah Filosofinya dari 4 pilar tersebut, sehingga angkatan muda sebagai sasaran dalam program ini, dapat mengerti sungguh dan memahami mengapa hal ini kemudian perlu dipelajari.

“Secara umum orang sudah mengerti apa itu 4 pilar Kebangsaan, tetapi tidak mendalam. Oleh karena itu, saya berpesan, kembangkan dan dalami filosofi dari 4 pilar ini, sehingga menjadi menarik dan kemudian mudah diingat dari anak-anak atau kawan-kawan muda,”ungkapnya.

Wagub juga berharap pertemuan-pertemuan semacam ini, dapat digunakan sebagai Acuan dan Penajaman filosofis 4 Pilar Kebangsaan.

“Kiranya, masing-masing yang akan menjadi narasumber untuk lebih banyak mendalami tentang filosofis 4 pilar, sehingga dapat menjadi hidup dan kemudian memberikan kenangan lama di dalam pikiran masing-masing peserta, dengan begitu apa yang menjadi tujuan kita bersama yaitu Kebhinekaan berjalan, NKRI kuat, pemahan Pancasila dan penerapan UUD 1945 seperti yang diharapkan oleh pendahulu kita dalam membentuk NKRI. Kita tidak berhenti sampai di sini, tiap-tiap pemikiran yang ada mari kita coba, mana yang bisa kita estimasikan ke dalam filosofi-filosofi 4 pilar tersebut,” tutup Wagub.

Sementara itu, dalam laporan sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Babel, Drs. H. Tarmin, M.Si menyampaikan, kegiatan ini sebagai langkah tindaklanjut akan program yang dicanangkan oleh Tim Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan Provinsi Babel.

Dilaporkannya juga, dalam Triwulan Pertama Tahun 2017 ini, Tim juga sudah melakukan kegiatan yang sebelumnya telah dilakukan Audiensi dengan pemerintah setempat di Belitung, dengan melakukan Pembinaan dan Pengarahan kepada siswa-siswa SMA di daerah itu yang dibagi dalam dua Tim.

Kedepan, kata Tarmin, program yang telah direncanakan oleh Pengurus Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan Provinsi Babel dapat berjalan lancar, sehingga tujuan Pembinaan Wawasan Kebangsaan dengan 4 Pilarnya ini, dapat dipahami oleh semua Masyarakat Babel, dan akhirnya terwujud Bumi Serumpun Sebalai yang tetap Aman, Tentram dan Damai.

Kegiatan ini, juga diikuti Sekretaris Daerah Provinsi Babel, Dr. Yan Megawandi, SH. M.Si, dan berbagai elemen masyarakat baik Forkopimda, Akademisi, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat di Babel, yang juga termasuk dalam Tim Pengurus sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang pembentukan Pengurus Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan Provinsi Babel Periode 2014-2018. (Lulus).

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas