Wagub Dampingi Paparan Desa Buding di Kemendagri

Jakarta – Nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali harum dan berkobar di kancah nasional. Itu karenakan, Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur yang menjadi juara Lomba Desa Tingkat Provins Babel, berhasil menjadi calon juara tingkat nasional untuk Regional Wilayah I Sumatera Tahun 2017.

Untuk memperebutkan titel juara pertama, Rabu (9/8/2017), di Gedung Ditjen Bina Pemdes, Jakarta, Wakil Gubernur (Wagub) Babel, H. Abdul Fatah, Ketua TP PKK Provinsi Babel Hj. Melati Erzaldi, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Babel Hj. Laksmi Dharmayanti, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Babel Drs. Sunardi, MAP dan jajarannya, mendampingi langsung paparan Kepala Desa Buding Mardini di hadapan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri selaku Tim Juri Lomba Desa Tingkat Nasional Regional Wilayah I Sumatera.

Selain itu, turut hadir juga mendampingi Paparan Kepala Desa Buding, Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza, Ketua TP PKK Belitung Timur, Kabid Pemdes, Camat Kelapa Kampit beserta Ketua Tim PKK Kecamatan Kelapa Kampit. 

Beberapa hal penting yang dipaparkan oleh Kades Buding meliputi Gambaran Umum Daerah, Profil Desa, Gambaran Umum Bidang Pemerintahan, Gambaran Umum Bidang Kewilayahan, Inovasi dan Produk Unggulan, serta Gambaran Bidang Kemasyarakatan.

Tim Juri yang dihadiri langsung Dirjen Bina Pemdes, Sekretaris Ditjen Bina Pemdes, Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kelurahan, Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur, Direktur Penataan Administrasi Desa, Staf Ahli Menteri, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa, BAPPENAS, KEMENKO PMK, Akademisi IPDN, memberikan apresiasi tinggi atas paparan selama lebih kurang 25 menit oleh Kades Buding tersebut.

Wakil Gubernur Babel, H. Abdul Fatah dihadapan Dirjen Bina Pemdes dan Tim Juri lainnya, mengungkapkan, tugas Pemprov dalam penyelenggaraan pemerintahan desa adalah Pembinaan dan Pengawasan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa.

“Sebagai dukungan nyata dari Pemprov terhadap Pemerintahan Desa, termasuk didalamnya Desa Buding, Gubernur telah memberikan bantuan keuangan sejak tahun 2014 - 2017 untuk masing-masing desa. Selain itu, ada juga yang namanya bantuan beras sejahtera (Rastra),” ungkap Wagub Abdul Fatah.

Terkait dengan hal ini, kata Wagub, Desa Buding ditargetkan menjadi semacam contoh dan motivator bagi desa dan kelurahan di Babel, termasuk untuk daerah-daerah lain di Indonesia. “Saya berharap Desa Buding bisa jadi juara pertama,” harap Wagub.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Babel,  Drs. H. Sunardi MAP menambahkan, salah satu kelebihan Desa Buding adalah BUMDes yang mereka bentuk sudah jalan, dan memberikan kontribusi pendapatan bagi desa setempat. Bahkan nilainya hampir mencapai Rp2 miliar.

Sementara itu, Ketua TP PKK Babel, Hj. Melati Erzaldi menyampaikan terima kasih kepada Desa Buding yang telah mengharumkan nama Provinsi Babel di kancah nasional. “Kami harus akui, memang dalam penyelenggaran pemerintahan desa di Desa Buding sudah baik. Termasuk produk-produk unggulan, seperti pembuatan batik rembuding, anyaman tikar dompet, sandal, peci, manik-manik, pengolahan tanaman obat keluarga menjadi minuman jahe,” kata Melati Erzaldi.

TP PKK Provinsi, kata Melati, akan membantu mengembangakan pemasaran produk-produk unggulan Desa Buding ke luar Babel. “Saya juga mengharapkan adanya perhatian khusus dan pembinaan lanjutan dari TP PKK Kabupaten Belitung Timur,” tutup Melati.

Setelah melakukan paparan terhadap beberapa hal yang ada di Desa Buding, Tim Juri dari Ditjen Bina Pemdes baru akan mengumumkan juara pertama pada tanggal 15 Agustus mendatang.(yuniar).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
yuniar
Fotografer: 
yuniar
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas