Wagub dan Kapolda Terbang ke Lokasi Banjir Beltim

Pangkalpinang - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H. Abdul Fatah, Senin (17/7/2017) sekitar pukul 11.00 Pagi, terbang ke Tanjung Pandan Belitung dari Pangkalpinang, untuk meninjau kondisi lokasi bencana banjir yang terjadi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Turut serta dalam pantauan ke Beltim itu, Kapolda Babel, Anton Wahono.

Perjalanan ke Belitung tersebut, dilakukan Wakil Gubernur Abdul Fatah, setelah memimpin dan memberikan arahan dalam Upacara Bendera Mingguan Pegawai di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel di Halaman Kantor Gubernur Babel, Air Itam Pangkalpinang.

Wagub saat memberikan arahannya dihadapan ribuan pegawai Pemprov Babel menyampaikan keprihatinannya atas kejadian banjir yang terjadi di Pulau Belitung, terutama di Kabupaten Belitung Timur.

Ia menjelaskan, bencana banjir yang menimpa Beltim, disebabkan curah hujan yang sangat tinggi, sehingga air hujan yang turun melebihi kapasitas bendungan di yang ada didaerah setempat. Karenanya, bendungan yang ada terpaksa dibuka, namun imbasnya merembet kedaerah-daerah sekitar.

Gubernur, ditambahkan Wagub, telah menugaskan Pejabat terkait langsung ke lapangan untuk memgambil tindakan penanganan banjir, terutama terhadap masyarakat yang menjadi korban banjir. Dengan begitu, diharapkan pemulihan kondisi banjir dapat tertangani dengan cepat.

“Sejak Sabtu (15/7/2017), dari Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan tim lainnya telah bergerak kelapangan sesuai dengan tupoksinya masing-masing,“ ujar Abdul Fatah.

Untuk itu, Wagub mengajak seluruh masyarakat di Babel, untuk sama-sama instrospeksi, terutama terkait lingkungan. “Dengan adanya musibah banjir ini, mari kita jaga lingkungan ini. Selain itu, mari kita sama-sama berdoa dan berusaha, semoga bencana banjir yang terjadi di Beltim ini, segera reda, dan bisa ditanggunglangi secepatnya,” kata Wagub.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Babel, M. Aziz Harahap menambahkan, Pemprov pada Minggu sore telah mengirimkan bantuan melalui kapal penumpang jetfoil. Namun, sayang kapal tersebut terpaksa harus balik arah ke Pangkalpinang lantaran cuaca di laut yang buruk.

“Syukur bantuan bisa kami kirimkan melalui Kapal Fery di hari yang sama, dan telah tiba di Belitung, dan bantuan langsung didistribusikan seperti lauk pauk, selimut, terpal dan kebutuhan lainnya,” ungkap M. Aziz.

Selain itu, ditambahkan M. Aziz, Pemprov juga telah menerjunkan Tim Tagana disebarkan yang jumlahnya sebanyak 75 personil, untuk bergabung dengan tim lainnya di Beltim.

Dinas Sosial, juga, sambung M. Aziz, mempersiapkan sarana prasarana pendukung untuk mendistribusikan bantuan hingga ke titik pengungsian. Termasuk dapur umum, sudah didirikan di beberapa titik pengungsian.(Sentosa)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas