Wagub Hadiri Upacara Penyerahan Pataka kepada Wawako Pangkalpinang

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, hadiri Upacara Penyerahan Pataka Pemerintah Kota Walikota Pangkalpinang kepada Wakil Walikota (Wawako) Pangkalpinang sekaligus Perpisahan Walikota Pangkalpinang, di Halaman Gedung Tudung Saji, Kantor Walikota Pangkalpinang, Jumat (09/2/2018).

Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah menyerahkan Tampuk Kepemimpinan Kota Pangkalpinang Kepada Wakil Walikota Pangkalpinang Muhammad Sopian. Hal ini dilaksanakan terkait Walikota Pangkalpinang Irwansyah yang akan mengikuti Proses Pencalonan Wakil Kepala Daerah di Sumatera Selatan.

Upacara yang diikuti seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kodim 0413 Bangka, Polresta Pangkalpinang, dan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan ini, juga dihadiri anggota DPR RI Dapil Babel, Rudianto Tjen, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel dan Kota Pangkalpinang, DPRD Kota Pangkalpinang, Kepala OPD di Lingkungan Pemprov dan Kota Pangkalpinang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Media dan Masyarakat.

Wakil Gubernur Babel  Abdul Fatah menjelaskan, serah terima petaka adalah menandai seorang putra terbaik kota Pangkalpinang menuju ke arah karir yang lebih tinggi.

Seperti diketahui bersama, diungkapkan Wakil Gubernur, di tahun 2018 Kepala Daerah serempak di 171 Daerah, yang terdiri dari 17 Gubernur dan Wakil Gubernur, 115 Bupati dan Wakil Bupati serta 39 Walikota dan Wakil Walikota.

Dikatakan Wagub, Walikota Pangkalpinang, M. Irwansyah yang telah mengajukan Pencalonan dirinya dalam Pemilihan Kepala Daerah di Sumatera Selatan. Sesuai dengan PKPU nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, pada Bab II Persyaratan calon dan Pencalonan Pasal 4 huruf q, menyebutkan berhenti dari jabatannya sejak ditetapkan sebagai calon bagi Bupati atau Wakil Bupati, Walikota atau Wakil Walikota yang mencalonkan diri sebagai Bupati atau Wakil Bupati, Walikota atau Wakil Walikota di kabupaten/kota lain.

“Saya mewakili masyarakat Babel khususnya Kota Pangkalpinang, menyampaikan terimkasih kepada saudara yang mengabdikan diri membangun Pangkalpinang. Selanjutnya juga mengucapkan selamat bekerja kepada Wakil Walikota M. Sopian dalam melanjutkan progam yang telah ditetapkan, melalui program pembangunan yang tertuang dalam visi misi Kota Pangkalpinang.

Dengan Penyerahan Pataka tersebut, secara resmi Wakil Walikota M. Sopian memimpin Kota Pangkalpinang.

Sebelumnya Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak, kedua orang tua dan keluarga, yang telah mengantar dan menjemput asa dan cita-cita dirinya untuk tegak berhidmat kepada bangsa dan nusa.

Kemudian, penghargaan dan terima kasih juga disampaikannya kepada seluruh komponen masyarakat Kota Pangkalpinang, ASN dan pegawai, serta seluruh pihak yang membantu dan bekerjasama serta memberi kepercayaan untuk mengemban tugas sebagai Walikota Pangkalpinang periode 2013-2018.

“Hari ini, saya berdiri dihadapan bapak/ ibu sekalian dalam rangka berpamitan. Berat rasa, tapi ini sebuah konsekuensi logis terhadap undang –undang yang berlaku. Selanjutnya saya akan mengabdi di kampung halaman ibu tercinta,” ungkap Irwansyah.

Katanya, banyak kenangan dan pengalaman berharga, pencapaian luar biasa yang telah diupayakan untuk memajukan Kota Pangkalpinang ini melalui program-program pembangunan yang diprioritaskan.

Ia menitipkan Pangkalpinang, hingga 14 November 2018 kepada Wawako M Sopian, sahabat terbaik, yang  selalu setia bersamanya menakhodai bahtera Kota Pangkalpinang.

 

Sopian: Terima Kasih atas Amanah yang Dititipkan

Pada kesempatan sama, Wakil Walikota Pangkalpinang Muhammad Sopian dalam sambutannya menceritakan bahwa Sosok M. Irwansyah merupakan Pemimpin muda yang syarat prestasi, pribadi yang akseleratif, bergerak cepat terhadap permasalahan, orang muda yang komit, penuh kesungguhan, memberi yang terbaik untuk Pangkalpinang.

“Mewakili secara pribadi, institusi dan masyarakat Pangkalpinang  dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih, atas  amanah yang dititipkannya kepada kami. Untuk itu, kami akan laksanakan sebaik-baiknya, Pangkalpinang akan kami jaga seoptimal mungkin. Saya juga akan menuntaskan program strategis, yang telah kami laksanakan, mulai Sasaran Sekawan Sejahtera, program pembangunan di berbagai bidang, hingga tujuan akhir sebagaimana komitmen bersama dapat diraih dan dicapai sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan Pin Pinang Emas kepada tujuh orang yang dinilai sudah berjasa dan berkiprah terhadap Pangkalpinang.

Di antara ketujuh tokoh tersebut adalah  Rudianto Tjen yang dinilai berjasa di bidang sosial dan kesehatan, Didit Srigusjaya yang berjasa di bidang kemasyarakatan.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas