Wagub Ingin Geopark di Pulau Belitung Berkelas Dunia

PANGKALPINANG – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel mendukung dan care terhadap persoalan Geopark di Pulau Belitung yang memang multi sektoral.

Itu, kata Wagub, merupakan bentuk action plan (rencana aksi)  yang harus dilakukan secara bersama-sama dalam rangka menuju ke tataran Geopark kelas dunia.

Hal itu disampaikan Wagub Abdul Fatah, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tentang kesiapan pengajuan Geopark Nasional Pulau Belitung ke UNESCO Global Geopark Tahun 2018, Senin (14/5/2018) siang di Ruang Rapat Pantai Tanjung Pendam Lantai II Kantor Gubernur Babel.

“Saya mengapresiasi semangat dan keseriusan Bupati Belitung, Bupati Belitung Timur, Ketua Umum Badan Pengelola Geopark beserta tim yang tergabung dalam keanggotan Badan Pengelola Geopark beserta masyarakat Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur yang terus bahu-membahu membangun sarana-prasarana secara swadaya di kawasan Geosite. Saya ingin Geopark Pulau Belitung menjadi Geopark berkelas dunia,” ungkap Wagub Abdul Fatah.

Wagub minta Badan Pengelola Geopark baik itu di Belitung maupun Belitung Timur segera menyusun list (daftar) kebutuhan yang menjadi skala prioritas dan harus segera Pemprov Babel fasilitasi untuk menyelesaikannya secara lebih komprehensif sebagai bentuk support pengembangan Geopark yang ada di Pulau Belitung.

Diakhir arahannya, Wagub Abdul Fatah berharap koordinasi terkait pengembangan Geopark di Pulau Belitung agar ke depan lebih intens dilakukan, karena Geopark ini memang multi sektoral.

Di kesempatan yang sama,  Sahirman selaku Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Belitung yang turut hadir dalam Rakor tersebut menjelaskan pentingnya segera membentuk Tim Koordinasi Geopark di tingkat Provinsi Babel terkait pengembangan Geopark yang ada di Pulau Belitung. Ini dikarenakan urusan kehutanan dan pertambangan telah menjadi kewenangan Pemprov.

“Mudahan-mudahan dengan terbentuknya Tim Koordinasi Geopark Pemprov Babel akan lebih memperlancar akses koordinasi Pengembangan Geopark menuju UNESCO Global Geopark tahun 2018,” harap Sahirman.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Pulau Belitung Dyah Erowati dalam kesempatan itu, memaparkan sekilas mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan berkenaan dengan Geopark Pulau Belitung menuju UNESCO  Global Geopark tahun 2018.

Rakor Geopark Pulau Belitung ini, turut dihadiri Sekda Babel Yan Megawandi, Rivai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Agus Setio Rini Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Babel, Wahyudin Sekretaris Dinas Pendidikan Babel, Hermanto Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Dyah Erowati selaku Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Pulau Belitung, Ketua Badan Pengelola Geopark Belitung Timur, beserta unsur terkait lainnya.

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agus
Fotografer: 
Agus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas