Wagub Kembali Pimpin Rapat Percepatan Pelaksanaan Dukungan KEK Tanjung Kelayang

PANGKALPINANG - Dalam rangka percepatan pelaksanaan dukungan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah kembali memimpin rapat bersama Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (Satker PSPAM) Provinsi Babel yang dilaksanakan di ruang Rapat Wakil Gubernur Lantai I Kantor Gubernur Babel, Selasa (10/7/2018).

Dalam rapat ini, Wagub didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PERKIM) Babel Rakhmadi, membahas tentang rencana pemasangan pipa dan penyediaan air minum menuju KEK Tanjung Kelayang.

Wagub dalam arahannya mengatakan, perlunya pertemuan ini untuk mengetahui sejauhmana proses yang telah dilakukan pada penyediaan air minum di Kawasan KEK Pariwisata di Tanjung Kelayang.

“Pertemuan ini, merupakan pertemuan kedua yang membahas tentang sejauhmana proses yang telah dilakukan terkait dengan pipanisasi di Kawasan KEK Tanjung Kelayang,” ujar Wagub Abdul Fatah.

Selain itu, Wagub memberikan dukungan percepatan pelaksanaan pemasangan pipanisasi air minum dengan menginstruksikan kepada Kepala Dinas terkait dalam pelaksanaan dan proses administrasi yang dibutuhkan, sehingga proses pemasangan pipa yang telah dirancang sebelumnya dapat berjalan dengan baik.

Asisten Perencanaan Satker PSPAM Babel Subari yang turut hadir dalam rapat itu, menyampaikan paparannya terkait dengan langkah dan proses yang telah dilakukan Satker PSPAM dalam mendukung pemasangan pipanisasi menuju Kawasan Tanjung Kelayang.

Subari menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi terkait dengan lahan yang akan di bangun untuk pemasangan booster perlu perhatian dari Pemerintah Kabupaten Belitung dalam pembebasan lahan.

Selain itu, juga disampaikan beberapa proses berkas administasi dalam mendukung percepatan pemasangan SPAM.

Dikatakan Subari, air baku yang digunakan merupakan Air Kolong Mempadin dengan jarak instalasi ke pengolahan sekitar 100 meter, dan jarak instalasi SPAM ke Kawasan Tanjung kelayang sepanjang 17 Km, dengan kapasitas mensuplay 40liter per detik, serta hasil pengetesan parameter air baku kolong Mempadin sebesar 7 ph.

Subari menyatakan, dalam pemasangan perpipaan yang direncanakan akan dihubungkan dengan pemasangan perpipaan yang telah ada sebelumnya, yang merupakan SPAM IKK Sijuk untuk melayani Kawasan Sijuk dan Air Selumar, serta pemasangan pipa baru akan melayani Daerah Tanjung Tinggi dan Desa Keciput (KEK Tanjung Kelayang).

Selain para pejabat dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, ikut hadir dalam rapat tersebut, perwakilan dari  instansi terkait lainnya. (Sentosa).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas