Wagub Lantik Juaidi sebagai Kepala Dinas Pertanian Babel

PANGKALPINANG – Setelah sempat beberapa waktu mengalami kekosongan, akhirnya Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, melantik dan mengambil sumpah terhadap Juaidi sebagai Kepala Dinas Pertanian Babel.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Dinas Pertanian Babel, yang berlangsung Senin (31/12/2018) sore, di ruang kerja Wagub, lantai I Kantor Gubernur, disaksikan Sekda Babel Yan Megawandi dan Kepala BKPSDMD Babel, Sahirman, dan dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Babel, Yulizar ini, berdasarkan Keputusan Gubernur Babel Nomor 188.44/1077/BKPSD/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov Babel tanggal 28 Desember 2018.

Wagub Abdul Fatah dalam arahannya mengatakan,  apa yang telah dibacakan dan telah ditandatangani, yaitu Pakta Integritas dan Kotrak Kinerja, agar benar-benar diperhatikan, termasuk didalamnya dalam melaksanakan tugas dan fungsi mengedepankan sinergitas dan harmonisasi.

Selain itu, Wagub juga mengingatkan masalah yang berkaitan dengan kepatuhan penyelenggaraan pemerintahan, yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Kemudian, berkaitan dengan loyalitas.

“Saya juga mengingatkan, didalam RPJMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017-2022, didalamnya sudah termuat bahwa salah satu program unggulan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Sektor Pertanian dan Perkebunan. Untuk sektor ini, pada tahap ini kita sedang berada di tahap memprihatinkan, yaitu berkaitan dengan rendahnya harga sawit, rendahnya harga lada, dan hal lainnya,” ungkap Wagub.

Sebagai upaya untuk memperbaiki ke arah harga tersebut, kata Wagub, Pemerintah Provinsi (Pemprov) mencoba membangun kualitas lada, sawit maupun tersebut.

“Perlu saudara (Kepala Dinas Pertanian) lihat, dengar, pada saat ini, kita masih bergerak pada tataran hulu, belum pada tataran hilir. Bergerak di tataran hulu, kita mencoba memfasilitasi dan membantu petani dengan bibit – bibit lada unggul bersertifikat,” kata Wagub.

Tugas Kepala Dinas Pertanian yang baru, ditegaskan Wagub, cukup berat, yaitu disamping membina masyarakat petani dari sisi hulu, juga berupaya bagaimana menggapai hilirnya, sehingga masyarakat petani merasakan bahwa inilah yang sebenarnya diperbuat Pemprov Babel untuk masyarakat.

“Saudara tidak akan bisa bekerja apa-apa, tidak bisa bekerja dengan baik tanpa menerapkan koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah,” tutup Wagub.

Juaidi yang sebelumnya menjabat Kepala Bappeda Bangka Selatan tersebut, disaksikan Wagub Abdul Fatah, dikesempatan sama, menandatangani Pakta Integritas sekaligus menandatangani Kontrak Kinerja, dilanjutkan dengan pembacaan 11 Poin isi Kontrak Kinerja.  

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agus
Fotografer: 
Agus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas