Wagub Lantik Komisioner KIP Babel

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah Rabu (10/1/2018) siang, melantik lima Anggota Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Babel.
Kelima Anggota Komisioner KIP yang dilantik berdasarkan Keputusan Gubernur Babel Nomor 188.44/1385/Diskominfo/2017 tentang Pengangkatan Anggota Komisioner Informasi Provinsi Babel Masa Jabatan Tahun 2017-2021 tersebut terdiri dari Syawaludin, Eko Tejo, Sugesti, Ita Rosita, dan Ahmad Tarmizi.
Acara Pelantikan yang berlangsung di Ruang Pasir Padi lantai III Kantor Gubernur Babel Air Itam Pangkalpinang tersebut, turut dihadiri Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, dan perwakilan  instansi terkait lainnya.
Wagub Abdul Fatah dalam arahannya mengingatkan, tugas KIP tidak masuk ranah teknis seperti melihat bukti - bukti pembayaran suatu kegiatan, sebab itu adalah ranahnya pengawas internal (Irjen/Inspektorat) dan eksternal pemerintah dalam hal ini BPK.
Jangan sampai terjadi tumpang tindih fungsi antara pengawas internal dan eksternal dengan KIP. Tugas KIP, ditegaskan Wagub, adalah untuk melihat sudahkah transparansi dilaksanakan oleh instansi pemerintahan dalam penyelenggaraan pemerintahan, misalnya apa saja program atau kegiatan dalam tahun anggaran tertentu, berapa anggarannya, dan item-item kegiatannya.
"Jangan sampai KIP salah menempatkan diri dalam hal mendorong keterbukaan informasi publik. Kita ingin keberadaan KIP ini, membuat transparansi informasi di lingkungan Pemprov Babel," ujar Wagub.
Wagub menjelaskan, Keterbukaan informasi publik adalah pondasi dalam pembangunan yang lebih baik.
"Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri sebuah negara demokratis. Untuk itu, dengan dilantiknya lima anggota komisioner KIP Babel masa 2017-2021 ini, diharapkan mampu menjadikan Penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Babel  menjadi lebih terbuka dan lebih lagi," tutup Wagub.(humasprov)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas