Wagub Pimpin Rakor Percepatan Pembangunan Kawasan Geopark

PANGKALPINANG – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, Senin (13/11/2017) sore, memimpim rapat koordinasi (Rakor) percepatan pembangunan Kawasan Geopark Pulau Bangka dan Marine Park  Babel.

Dalam arahannya di Ruang Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur, Wakil Gubernur Abdul Fatah mengatakan, penetapan Kawasan Geopark Pulau Bangka yang telah dapat ditentukan.

“Penentuan geopark di Pulau Bangka, titik-titik fokus yang merupakan bagian dari  bebatuan granit dapat dikemas menjadi geopark,” ujar Abdul Fatah.

Wagub mengatakan, tim survei dan tim  percepatan pembangunan kawasan geopark Pulau Bangka akan melakukan penelusuran ke lokasi yang telah ditentukan oleh Kabupaten Bangka, Bangka Tengah  dan Bangka Selatan, dalam hal titik lokasi, sehingga lokasi survei menjadi lokasi yang akan diajukan menjadi geopark.

Dengan digelarnya rakor percepatan pembangunan kawasan geopark dan marine park ini, kata Wagub, apa yang direncanakan bisa terwujud. “Belitung telah terbentuk geopark. Untuk itu, kedepan,  diharapkan Pulau Bangka juga memiliki geopark sebagai lokasi wisata yang menarik,” harap Wagub.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, Haris Setiawan yang juga hadir dalam Rakor tersebut mengungkapkan, Kabupaten Bangka Selatan telah menentukan beberapa lokasi yang akan dijadikan lokasi geopark, yang dirangkai dengan marine park. 

Beberapa lokasi yang menjadi bagian dari marine park, sebut Haris, akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan geopark yang telah ditentukan, dimana untuk Kabupaten Bangka Selatan dikhususkan pada wilayah Selat Gaspar.

“Konsep yang telah ditetapkan oleh Bangka Selatan adalah wisata bahari, yang difokuskan pada pariwisata, perhubungan, dan kerjasama kelautan dan perikanan,” ungkap Haris.

Selain Bangka Selatan, dalam Rakor itu juga dilakukan paparan dari Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Tengah.

Rakor ini, diikuti Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah, dan Bangka. (Sentosa).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
sentosa
Fotografer: 
sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas