Wagub Safari Jumat Perdana di Desa Rias

Rias, Bangka Selatan – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H. Abdul Fatah, didampingi sejumlah Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi (pemprov) Babel, diantaranya Kepala BKPSDM, Kepala BPBPD, Kepala Dinas PMPDes, Kasat Pol PP, Kepala Biro Kesra, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Babel, Jumat (19/5/2017), melakukan Safari Jumat bersama masyarakat Dusun UPT Bukit Anda, Desa Rias Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Selain Pejabat Pemprov Babel, Safari Jumat Wakil Gubernur tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Babel, Sekretaris Daerah Pemkab Basel, Kapolres Basel beserta jajarannya, Danramil, Kades Rias dan masyarakat Dusun Bukit Anda.

Safari Jumat yang berlangsung di Masjid Baitul Makmur Dusun Bukit Anda, diisi dengan kegiatan Sholat Jumat bersama, dialog bersama warga, makan siang bersama, dan ceramah agama dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj 1438 H.

Wakil Gubernur dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Rias, khususnya masyarakat Dusun Bukit Anda yang telah memberikan kesempatan untuk bisa bertatap muka dan bersilaturahmi.

“Saya baru pertama kali datang ke Desa Rias ini. Untuk itu, pada kesempatan ini merupakan rahmat bagi saya bisa berkumpul dengan masyarakat Desa Rias di Masjid Dusun Bukit Anda ini. Tahun ini, kami akan bersilaturahmi dengan Jemaah Majid di 20 Masjid dari sebanyak 928 Masjid yang ada di Babel,” ungkap Wakil Gubernur.

Abdul Fatah dalam kesempatan itu, menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat Desa Rias, karena Gubernur Erzaldi Rosman  belum bisa bersilaturahmi dengan masyarakat, setelah dilantik menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Babel.

“Mohon maaf atas ketidakhadiran Bapak Gubernur, karena beliau sedang ada kegiatan bersama Bapak Presiden RI. Sebenarnya layaknya saya bersama Bapak Gubernur datang kesini, karena ini merupakan desa pertama yang kami kunjungi dalam satu minggu kami bertugas sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Babel. Namun karena ada kondisi yang belum memungkinkan, maka baru saya sendiri yang bisa datang. Mudah-mudahan, kondisi ini tidak menghilangkan makna yang sebenarnya. Yang jelas, kami datang kesini untuk bersilaturahmi sekaligus ingin mengetahui apa yang menjadi harapan masyarakat untuk sama-sama kita wujudkan,” kata Abdul Fatah.

Sementara itu, Sekda Basel, Suwandi mewakil Bupati Basel Justiar Noer, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wakil Gubernur ke Basel utamanya ke Desa Rias.

“Dalam kesempatan ini, juga saya sampaikan kepada Bapak Wakil Gubernur, Desa Rias ini merupakan lumbung padi, Provinsi Babel. Disini penghasil padi terbesar di Babel. Alhamdulillah tahun ini panen di Desa Rias cukup melimpah. Disini ada beras merah, beras putih,” ungkapnya singkat.

Sebelumnya, dalam sesi dialog, warga Dusun Bukit Anda menyampaikan keinginannya kepada Wakil Gubernur agar akses jalan Desa Rias menuju Dusun Bukit Anda yang panjangnya sekitar 8 kilometer, segera diaspal. Selain itu, warga setempat juga, mengharapkan adanya bantuan rehab Masjid Baitul Makmur Dusun Bukit Anda dari Pemprov Babel.

Menariknya, apa yang disampaikan warga itu, langsung mendapatkan respon positif dari orang nomor dua di Babel tersebut. Untuk pengaspalan jalan, Wagub langsung menyampaikan keinginan warga agar pada tahun 2018 masuk dalam program prioritas.

Sedangkan untuk bantuan rehab Masjid, Wagub meminta kepada warga agar mengajukan bantuan secara resmi kepada Pemprov sesuai peraturan mengenai bantuan rumah ibadah. Namun, sebelum bantuan itu didapatkan Wagub secara pribadi akan memberikan bantuannya kepada Masjid Dusun Bukit Anda. (Ahmad).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas