Wagub: Selamat Hari Jadi Ke-45 IWAPI Babel

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -45.

Mengusung tema 'Mari Kita Tingkatkan Peran dan Kualitas Perempuan Pengusaha, Menuju Indonesia Maju melalui Sosialisasi KUR untuk para UKM Babel', perayaan HUT tersebut dilaksanakan Kamis (12/3/2020) di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Babel.

Dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abul Fatah, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Yanuar, Wakil Ketua BKOW Babel, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Kepala DP3ACSKB dan Babel pengusaha WIAPI Babel, perayaan HUT IWAPI Babel diawali dengan menyayikan lagu mars IWAPI.

Disela-sela acara, HUT IWAPI Babel, Wagub dan Ketua BKOW Provinsi Babel Laksmi Abdul Fatah  menyaksikan dan mendapatkan potongan tumpeng nasi kuning dari Ketua Umum DPD IWAPI Babel Dra, Agustiningsi sebagai tanda telah dirayakannya HUT IWAPI Babel.

Wagub, Abdul Fatah dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun buat para Pengusaha Wanita Provinsi Babel, yang tergabung dalam IWAPI.

Tentunya, lanjut Wagub, dengan harapan agar pengusaha perempuan Babel mandiri secara ekonomi, kemudian memandirikan orang lain, serta dapat membuka peluang bekerja bagi masyarakat baik di daerah kota maupun pedesaan. Perempuan juga harus mandiri, sejahtera dan bermartabat.

"Selamat Hari Jadi yang ke 45 IWAPI Bangka Belitung, teruslah berkembang dan berinovasi," ucap Wagub di hari HUT IWAPI.

Wagub juga mengajak para anggota IWAPI untuk bersama-sama pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk membangun Bangka Belitung.

“Saya mengajak IWAPI bersma Pemprov bergerak bersama untuk membangun Babel. Mari jalin koordinasi. Kami mengarapkan dapat membangun kekuatan agar ibu-ibu pengusaha memiliki program kerja masuk  desa, kordinadikan dengan dinas UKM dan desperindag,” ajak Wagub.

Wagub juga menjelaskan pengusaha perempuan punya kontribusi besar dalam memajukan sektor ekonomi. perempuan lebih rajin, ulet, lebih gigih dibandingkan  pengusaha laki-laki, punya perhitungan matang dan inilah yang menjadi modal dalam berdagang. 

Apalagi soal hitung-hitungan, kata Wagub, selisih harga sedikit saja diperhitungkan dengan matang, namun dengan sifat inilah pengusaha perempuan lebih memiliki kemampuan dalam menjalani usaha dan menjadi pengusaha sukses.

“Banyak sekali UMKM yang ditekuni kaum perempuan, makin maju UMKM berarti ekonomi akan semakin maju. Dalam menghadapi persaingan ekonomi global ke depan, Babel ingin memiliki pengusaha-pengusaha perempuan yang terus berkembang dan terus berinovasi,” ujar Wagub.

Sebelumnya, Ketua Umum DPD IWAPI Babel Agustiningsih mengatakan,  perjalanan selama 45 tahun ini,  IWAPI harus menjadi pemicu untuk meningkatkan semangat serta strategi dalam menghadapi kondisi era revolusi industri 4.0, dimana era ini semua serba cepat, digitalisasi, dan global efeknya,

“Kita dituntut untuk dapat mengaktualisasikan diri melalui berbagai proses untuk menggapai dan siap menghadapi era selanjutnya,” katanya.

Kontribusi serta peran perempuan pengusaha untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, menurut dia, sangatlah signifikan, karena 60% dari jumlah pengusaha mikro dan kecil yang ada di Indonesia adalah pengusaha perempuan. Peran inipun harus diikuti dengan peningkatan kualitas daripada pengusaha perempuan untuk menghadapi era digitalisasi. 

“Pemberdayaan perempuan pengusaha di IWAPI difokuskan dalam peningkatan Sumberdaya Manusia, Pemasaran dan Permodalan baik melalui training, workshop, seminar, talkshow dan upaya lainnya serta menjalin kerjasama dengan lembaga tinggi negara, pemerintah dan pihak swasta di Indonesia bahkan juga dengan negara lainnya,” sebut Agustiningsih. 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas