Wagub: Target, 2021 Fakultas Kedokteran UBB Sudah Operasional

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menargetkan pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Bangka Belitung (UBB) sudah rampung pada tahun 2021 mendatang.

“Target ya, tahun 2021 Fakultas Kedokteran UBB ini, sudah bisa beroperasi,” kata Wagub, Selasa (28/05/2019), usai menghadiri Rapat Percepatan Program Studi Kedokteran UBB serta Penyusunaan RKPD tahun 2020 di Ruang Romodong lantai I Kantor Gubernur Babel.

Oleh sebab itu, lanjut Wagub, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel bersama UBB terus berupaya menyiapkan segala sesuatunya, dengan melakukan rapat secara berkelanjutan untuk membahas mulai dari sarana dan prasarana, dosen, dan lain sebagainya.

“Kita harus menyiapkan hal ini sedemikian rupa. Rapat ini sangat penting, sebab untuk menentukan langkah seterusnya,” tegas Wagub.

Mengenai Sumber Daya Manusia  di Fakultas Kedoteran, ditambahkan Wagub Abdul Fatah, nantinya Pemprov bekerjasama dengan UBB berupaya mencari SDM dari Akper.

“Mudah-mudahan, jika tidak ada hambatan, dari SDM Akper bisa kita tempuh dengan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan tataran instansi pusat, Kemenpan RB, BKN nantinya,” jelas Wagub.

Wagub juga menyampaikan, stok dokter untuk tenaga pengajar sudah banyak, namun untuk lebih memenuhi kebutuhan dokter mengajar di Fakultas Kedokteran UBB nantinya Pemprov akan membuka program beasiswa.

“Untuk memenuhi kebutuhan dosen dokter salah satunya membuka program beasiswa, sehingga tahun 2021 tenaga pengajar itu sudah jadi mengajar,” ungkap Wagub.

Rektor UBB, Muh. Yusuf, pada kesempatan sama mengharapkan dukungan penuh terhadap pendirian fakultas kedoketeran di universitasnya.

“Kita berharap di support penuh oleh Provinsi, sebab target kita 4 tahun harus menjadi Fakultas Kedokteran,” harapnya.

Ia juga mengharapkan, jika pendirian Fakultas Kedokteran UBB jadi,  maka gedung Fakultas Kedokteran tidak jauh dari rumah sakit, karena bisa menghemat waktu mahasiswa  dalam praktek lapangan nantinya.

“Kita harus memiliki Gedung Fakultas Kedokteran. Kalau bisa yang berdekatan dengan rumah sakit, misalnya RSU Povinsi dan lahannya juga lahan hibah, agar lebih efisien jika berdekatan dengan rumah sakit provinsi,” tambahnya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas