Wagub Tegaskan Sensus Penduduk Miliki Urgensi Tinggi

HUMASPRO, PANGKALPINANG-Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Optimalisasi Peran Perangkat Daerah dalam rangka mensukseskan sensus penduduk 2020.

Mengusung tema 'Bersama Kita Mencatat Indonesia', kegiatan tersebut dilaksanakan Senin (17/3/2020) pagi di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, di Pangkalpinang.

Dihadiri Forkopimda  Babel, Sekda Provinsi Babel, Kepala OPD Provinsi Babel,  dan seluruh peserta perangkat daerah di lingkungan Pemprov  Babel, kegaiatan Rakor tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan sensus penduduk secara online 2020.

Wagub, Abdul Fatah dalam sambutanya menegaskan  sensus penduduk secara online sangatlah penting,  karena hasil sesus tersebut akan menjadi dasar perumusan kebijakan nasional.

“Saya bermaksud menyampaikan penekanan bahwa sensus penduduk 2020 menduduki posisi penting dan memiliki urgensi tinggi, mengingat hasil sensus 2020 akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah nasional dalam memformulasi perencanaan pembangunan Indonesia,” kata Wagub.

Oleh karena itu, lanjut Wagub. Langkah Kepala BPS  Babel  menggelar rapat kerja yang sedang dilaksanakan  ini merupakan kejelian yang patut diapresiasi, karena wilayah Babel, yang terdiri dari satu buah provinsi, 6 kabupaten dan 1 kota.

“Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di  Babel diwadahi oleh kelembagaan yang bersifat otonom dan instansi vertikal pemerintah pusat,” tuturnya.

Itu artinya, urai Wagub, seluruh pimpinan OPD baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kota bergerak dan mendorong optimalisasi peran perangkat daerah untuk menyukseskan sensus penduduk 2020. 

Kemudian, lanjut dia, diikuti seluruh pimpinan instansi vertikal, perbankan dan BUMN yang ada di wilayah Babel. "Kita menjadi yakin bahwa sensus penduduk di Babel dapat berlangsung sesuai dengan harapan kita semua," ungkapnya.

Untuk mendorong optimalisasi peran ASN dalam sensus penduduk 2020, ditambahkan Wagub,  hal itu perlu penerapan strategi yang tepat. 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas