Wagub Terima Kunjungan Bangka Flora Society

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah, Kamis (12/7/2018) pagi, di ruang kerjanya Lantai I Kantor Gubernur Babel, Air Itam Pangkalpinang menerima kunjungan Bangka Flora Society.

Kunjungan ini berkaitan dengan pelaksanaan Kegiatan kemah hijau sahabat alam di Sungai Upang, Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka 27 Juli mendatang.

Bangka Flora Society yang dipimpin ketua hariannya Dian Rosana Anggraeni menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel atas pertemuan ini.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Bangka Flora Society merupakan organisasi Profesi yang bergerak di Bidang Flora dan dirintis sejak tahun 2000, dan telah berbadan hukum sejak tahun 2005. Organisasi ini, bergerak dalam Konservasi, Pembinaan Generasi Muda dan Pengenalan Flora yang ada di Bangka Belitung.

Selama ini, kata dia, berbagai usaha telah dilakukan secara mandiri. Dengan Pertemuan ini, pihaknya bisa bergandengan tangan dengan pemerintah mewujudkan kelestarian Babel.

Sebagai wadah untuk mengkonservasi flora yang hampir punah, organisasi ini memohon dukungan dalam hal ini Pemprov Babel  untuk suksesnya acara tersebut.

Dikatakan Dia, banyak sekali Flora Asli Provinsi Babel, terutama Tanaman Anggrek dan Hoya. Dan selama ini, sudah banyak yang pihaknya kumpulkan yakni ada 130 lebih dan masih ada yang belum ada namanya.

Untuk itu, Dian Rosana Anggraeni yang pada tahun 2015 lalu mendapat Penghargaan Kalpataru oleh Presiden RI atas Kelestarian Lingkungan, sedang dalam proses pembuatan Buku mengenai Tanaman Anggrek Babel yang mudah - mudahan pada Hari Ulang Tahun Provinsi Babel nanti bisa dilaunching.

Menurut Wagub Abdul Fatah, apa yang dilakukan Bangka Flora Society merupakan sesuatu yang sangat menarik, dimana sebenarnya Babel kaya akan flora. Namun, Wagub menyadari jangankan orang luar, orang Babel sendiri saja tidak tahu keberadaan flora unik asal Babel.

Hal ini, menurutnya, harus disosialisasikan kepada masyarakat melalui event-event yang menghadirkan dan memamerkan Flora, khususnya anggrek dan hoya Babel, sehingga masyarakat tahu bagaimana Flora Babel itu.

"Dengan sosialisasi Flora Babel ini, masyarakat tahu, mengenal, bagaimana bentuk dan rupanya, bagaimana jenisnya serta bagaimana memelihara Flora yang kaya di Babel ini," ujar Wagub.

Setelah masyarakat tahu dan memiliki daya tarik Flora Babel ini, Wagub yakin kedepan akan memiliki daya jual. Dengan demikian bisa menambah dukungan dan mengingkatkan daya tarik Pariwisata Babel melalui flora faunanya.

Wagub Abdul Fatah juga memberikan apresiasi kepada Bangka Flora Society yang atas usahanya mampu melestarikan Flora Babel yang hampir punah ini, dengan mendirikan tempat pengembangannya yaitu di Petaling, Kecamatan Mendo Barat dan Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas