Wagub Terima Kunjungan Tim Monev Pengembangan Perpustakaan Babel

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah, Jumat (4/10/2019) pagi, menerima kunjungan Tim Monev Terpadu Pelaksanaan Program Pengembangan Perpustakaan Provinsi Babel, yakni Perpustakaan Nasional, BAPPENAS dan Kementerian Keuangan RI.

Kunjungan itu dilaksanakan terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional yang akan diterima oleh Provinsi Babel untuk pembangunan Perpustakaan Provinsi Babel.

Turut serta dalam kunjungan yang berlangsung di Ruang Kerja Wagub di Lantai I Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang itu, Tim Monev Terpadu Pelaksanaan Program Pengembangan Perpustakaan Provinsi Babel, Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional, Joko Santoso, Kasubdit kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi, Iptek dan Kebudayaan BAPPENAS, Didik Darmanto, dan sejumlah Pejabat Keuangan RI.

Ketua Tim yang juga Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional, Joko Santoso mengatakan, kehadirannya ke Babel dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Prioritas Nasional Penguatan Literasi untuk kesejahteraan masyarakat melalui transformasi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi social, dengan konsep bagaimana pengembangan dan pemanfaatan perpustakaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perpustakaan sebagai ruang terbuka publik untuk pengetahuan dan berlatih ketrampilan berkerja dan berbagi pengalaman.

Terkait hal itu, kata dia, ada dukungan melalui DAK Fisik yang bukan hanya ditujukan ke Provinsi, tetapi juga Kabupaten/Kota.

Berkenaan dengan Rencana Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Provinsi Babel, yang seharusnya tahun ini, menurut dia, sudah bisa dilaksanakan, tapi karena terkait lahan yang akan digunakan belum fix, dan melihat manfaat DAK fisik Kabupaten/ Kota sangat besar, maka baru akan diajukan kembali di tahun 2020 mendatang.

Wagub mengaku bersyukur adanya pertemuan ini, karena keinginan Pemprov Babel untuk memiliki Kantor Perpustakaan dan Arsip dapat terlaksana. “Kedatangan tim dari Pemerintah Pusat ini, adalah angin segar untuk kita semuanya, pada tahun 2021 nanti kita bisa teralokasikan DAK fisik berupa Pembangunan Perpustakaan,” ungkap Wagub.

Pembangunan Gedung Perpustakaan dan Arsip ini, diharapkan Wagub, menjadi nyata. 2020 mulai dengan penyiapan DED. “Pemprov Babel mulai sekarang akan mempersiapkan SDM  untuk mendukung Perpustakaan dan Arsip tingkat Provinsi Babel itu,” ujar Wagub.

Kepala Dinas Arsip Babel, Asyraf Suryadin yang ikut hadir dalam pertemuan itu, mengatakan, untuk proses mendapatkan DAK fisik ada sepuluh item yang harus dipenuhi. “Mudah - mudahan seperti apa yang disampaikan Wagub terlaksana. Salah satunya adalah DED yang besarnya akan disesuaikan dengan anggaran yang akan dikucurkan oleh Perpustakaan Nasional,” katanya.

Dijelaskan Asyraf, permasalahan lahan yang akan dibangun dikawasan bakal cagar budaya, akan dikoordinasikan, mana saja yang bisa dibangun, sehingga perpustakaan bisa terbangun, sementara cagar budaya tetap lestari.

“Dengan nilai DAK fisik sebesar 15 milyar rupiah yang seharusnya tahun ini Gedung Perpustakaan dan Arsip bisa direalisasikan, namun karena ada hal yang belum terselesaikan, maka akan diajukan kembali untuk di bangun tahun 2021,” imbuhnya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas