Wagub Turut Mewisuda dan Serahkan Ijazah Mahasiswa UT

PANGKALANBARU, BANGKA TENGAH - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah menghadiri sekaligus turut mewisuda dan menyerahkan Ijazah kepada Mahasiswa yang dinyatakan lulus dari Universitas Terbuka (UT) Pangkalpinang tahun 2018.

Kegiatan Wisuda Mahasiswa UT di Sol Marina Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah, Minggu (23/09/2018) pagi ini, diawali dengan sambutan Direktur Utama UT Hasmonel.

Hasmonel menyampaikan, tujuan dari UT adalah selain memenuhi tuntutan pemerintah dalam jumlah kelulusan, juga untuk melahirkan kualitas lulusan tersebut dengan baik.

"Seperti kita ketahui, Jepang, Singapura, Swiss adalah negara yang minimum sumber daya alam, tetapi mereka bisa tumbuh sebagai negara yang kuat, itu dikarenakan sumber daya manusia mereka yang mumpuni. Dan inilah tujuan dari UT yang memaksimalkan dan juga melahirkan lulusan yang berkualitas," kata Hasmonel.

Untuk semua lulusan, ditambahkannya, bukan berarti perjuangan sudah selesai, yaitu bagi D3 bisa melanjutkan ke S1, sedangkan bagi S1 bisa melanjutkan ke jenjang S2.

"Lebih dari itu, semua lulusan sukses untuk menjadi kemaslahatan umat, khususnya di Negeri Serumpun Sebalai ini. Maka, kembalilah ke masyarakat dengan membawa kualitas dan memberikan kemaslahatan," imbau Hasmonel.

Pada kesempatan sama, Rektor UT, Prof. Djat Dardjat mengatakan, pola pendidikan saat ini, tidak hanya terpaku pada tatap muka, tetapi juga harus melalui jalur online.

Saat ini, dijelaskan dia, Menteri Pendidikan menyampaikan pola akademik salah satunya adalah dengan pola tatap muka bisa digantikan dengan pola jarak jauh atau jaringan, dan salah satu yang sudah mendapatkan kapasitas sudah bisa dipercayai untuk memberikan bimbingan dan bantuan dalam menyelenggarakan pendidikan online.

“Saya berkeyakinan kualitas lulusan hari ini, adalah lulusan yang terbaik, dimana romantika berupa keluhan penderitaan telah dilalui, dan itulah bagian dari hasil gembira hari ini. Ingat! Salah satu visi pemerintah adalah tidak boleh setiap warga negara Indonesia tidak bisa mengenyam pendidikan Kuliah, dan UT adalah Kampus yang datang ke rumah anda, bukan anda yang datang ke Kampus. Kalau dulu, UT digandrungi oleh para pekerja, tapi sekarang UT juga banyak mengedukasi para anak- anak yang murni dari kalangan pencari pendidikan,” terangnya.

Djat Dardjat juga menyampaikan selamat kepada seluruh lulusan yang telah di wisuda. “Tidak lupa untuk Wakil Gubernur terima kasih atas kehadirannya dan juga dukungannya," ungkap Prof. Djat Darjat.

Sementara itu, Wagub Abdul Fatah mengungkapkan rasa bangga dan gembiranya karena bisa hadir di tengah tengah kebahagiaan dari para wisudawan/wisudawati UT. 

"Berada di tengah wisudawan/ wiaudawati adalah membuat pikiran saya melambung, tepatnya di tahun 2030 nanti. Dimana tahun demografi ini, dan melihat dari kondisi tersebut, apa yang harus kita persiapkan. Salah satunya dari UT sudah dinilai sangat cukup melahirkan kualitas untuk menghadapi tahun tersebut. Yakinlah SDM dari UT akan bisa mampu bersaing di tahun tersebut,” kata Wagub.

Untuk itu, Wagub Abdul Fatah mengajak, mari kembangkan lagi kompetensi untuk menyambut persaingan di masa depan. “Begitu satu langkah keluar dari gedung ini, maka lulusan hari ini, akan masuk dalam laboratorium kehidupan nyata, yaitu kehidupan bermasyarakat. Semoga lulusan hari ini dijabah Allah, dan sekali lagi selamat bagi semua lulusan," ucap Wagub. 

 

Tandatangani MoU dengan Polman dan Pemprov Babel

Selain dilakukan wisuda, dalam di tempat yang sama, juga dilakukan Penandatanganan Kerjasama antara Rektor UT dengan Polman beserta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dalam hal ini, diwakili Kepala BKPSDMD Babel Sahirman, untuk menggunakan jasa pendidikan dan tempat ruang di lingkup BKPSDMD, dan disaksikan secara langsung Wagub Abdul Fatah.

Kehadiran Wagub Abdul Fatah dalam Penyerahan Ijazah UT Pangkalpinang Tahun 2018 itu, turut didampingi Kepala BKPSDMD Babel, dan sejumlah Kepala OPD dilingkup Pemprov Babel lainnya, para orang tua dan Wisudwan/Wisudawati. (Imam). 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas