Wagub Yakin Sertifikat Merek Terdaftar Melindungi Hak Pemilik Karya Intelektual

Pangkalpianang – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Drs. H. Abdul Fatah, M.si meyakini dengan sepenuh hati, sertifikat merek terdaftar akan melindungi hak para pemilik karya intlektual yang dihasilkan.

Pernyataan itu disampaikan Wagub, saat memberikan sambutan di acara Penyerahan Sertifikat Merek-Merek oleh Direktur Merek dan Indikasi Geografis kepada Gubernur Babel, yang diwakili Wakil Gubernur Babel, untuk diteruskan kepada masyatakat di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Babel, Selasa (10/10/2017). 

Menurut Wagub, adanya pemberian sertifikat merek terdaftar ini, sangat tepat, karena ini salah satu cara melindungi hak-hak intlektual dari pemilik karya suatu produk.

"Contoh, di Belitung ada daerah yang namanya Desa Sungai Padang penghasil Blacan (Terasi), lalu ada yang namanya Desa Sijuk yang terkenal Blacan-nya. Padahal, terasi Desa Sijuk itu datang dari Sungai Padang," ungkap Wagub. 

Wagub juga, mengimbau kepada masyarakat yang menerima Sertifikat Merek-Merek Terdaftar ini, agar dapat memanfaatkan dan menjaganya dengan sebaik mungkin, untuk bisa lebih meningkatkan lagi hasil-hasil produksinya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Babel, Yoseph,  Bc. IP,  SH pada kesempatan yang sama menerangkan, merek - merek yang terdaftar harus diberikan perlindungan, karena ini hasil intlektual.

“Apabila di klaim pihak-pihak lain terhadap kekayaan intelektual  ini, tentunya akan merugikan pihak yang sebenarnya memang memiliki hak intelektual tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Yoseph, pemberian Sertifikat Merek-Merek Terdaftar ini, tidak lain adalah, Pertama, Melindungi hak paten dan melindungi hasil intlektual dari pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab dan merugikan pemilik. Kedua, melindungi hak-hak dari Plagiatisme yang kebetulan orang lain memiliki ciptaan dibidang yang sama. Ketiga, menghindari pemilik barang atau jasa dari tekanan penurunan ekonomi, sehingga produk yang dikeluarkan tetap diminati masyarakat. 

Selain  itu, Yoseph mengatakan, sertifikat yang diberikan ini juga, sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap UMKM dalam usaha menciptakan iklim usaha yang kompetitif dan mandiri, serta terlindungi secara hokum, khususnya di wilayah Bangka Belitung.

Sementara itu, usai menerima penyerahan dari Direktur Merek dan Indikasi Geografis Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI, Factlurrahman,  SH,  MM, Wagub Abdul Fatah menyerahkan kembali Sertifikat Merek-Merek Terdaftar kepada masyarakat pemilik sertifikat, yang diwakili Disperindag Kota Pangkalpinang. 

Penyerahan Sertifikat Merek-Merek Terdaftar ini, selain dihadiri para penerima sertifikat, juga hadir Kepala Biro Hukum Setda Pemprov Babel, Maskupal, Kepala Divisi Administrasi Dodot Adikoeswanto  Bc. IP,  SH,  MH,  Kepala Divisi Imigrasi Ahmad Firmansyah,  Kepala Pemasyarakatan Suharman,  BC. IP,  SH,  MH., Perwakilan UBB, dan unsur terkait lainnya. (Imam). 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas