Wisata Bukit 7 Sempan Ingin Seperti Lembang, Gubernur Erzaldi Nyatakan Dukungan

SEMPAN, KABUPATEN BANGKA – Dibalik keindahan Pantai dan Lautnya, ternyata Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih menyimpan destinasi wisata alam baru, yaitu Bukit 7 Desa Sempan yang terletak di Desa Sempan Kecamatan Pemali.

Menariknya, keberadaan destinasi wisata baru ini berada tak jauh dari pemukiman masyarakat Desa Sempan. Dan oleh masyarakat, utamanya para Pemuda yang telah mengelolanya hingga waktu berjalan sekitar dua bulan, area ini ingin dijadikan seperti objek wisata yang ada di Lembang Bandung Jawa Barat.

Sekretaris Desa Sempan, Yudi, saat dihubungi humas.babelprov.go.id disela-sela berdialog dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman di Masjid Al-Ahyar Desa Sempan, Jumat (30/3/2018) menyebutkan, keberadaan destinasi wisata alam baru di Bukit 7 Desa Sempan ini, dikelola oleh para Pemuda Desa Sempan sendiri, yang bekerjasama dengan BUMDes.

“Lokasi wisata alam ini baru beroperasi kurang lebih 2 bulan. Kami ingin wisata alam ini seperti yang ada di Lembang. Di Bukit 7 ini, kami menawarkan sunsetnya. Jadi, pengunjung bisa menikmati indah sunset dari atas Bukit 7 yang telah kami sediakan tempatnya. Kemudian ada dua tempat yang kami siapkan untuk selfie para pengunjung, yang kami buatkan dari kayu-kayu alami,” tutur Yudi.      

Untuk menuju lokasi, dijelaskan Yudi, dari area parkir kendaraan, pengunjung hanya menempuh waktu kurang lebih 5 menit. “Cukup membayar 5 ribu rupiah, siapa saja sudah bisa menikmati indahnya sunset dan berselfie ria dari Bukit 7,” terang Yudi.

Dengan luas hutan alami sekira 6 hektar dari bawah sampai ke atasnya, Yudi berharap adanya bantuan baik dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Bangka itu sendiri, untuk pengembangan destinasi wisata alam ini, bisa berupa modal, manajemen, pengelolaannya dan lainnya.

“Kami juga berharap untuk pengelolaannya kedepan tetap diserahkan kepada masyarakat Sempan, khususnya para pemudanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, di tempat yang sama secara tegas menyatakan mendukung pengembangan destinasi wisata alam baru yang dimiliki Desa Sempan yaitu Bukit 7 Desa Sempan.

Gubernur sebenarnya ingin melihat secara langsung lokasi wisata Bukit 7 yang ada di Desa Sempan Kecamatan Puding Kabupaten Bangka ini sudah share kemana-mana, indah, bagus. "Saya ingin melihat keseriusan pengelolanya," kata Gubernur.

“Saya sangat mendukung pengembangan destinasi wisata sampan ini. Sebenarnya saya datang ke Desa Sempan ini juga ingin melihat langsung objek wisata yang telah diviralkan tersebut. Namun, karena cuaca sedang hujan, jadi ditunda dulu,” ujar Gubernur Erzaldi.

Kendati begitu, Erzadi menyebutkan, dari dialog dengan para Pemuda Sempan selaku pengelola objek wisata alam tersebut saat ini, mereka serius mengelolanya, membangun dengan dana sendiri, memenej sendiri.

“Lokasi-lokasi destinasi pariwisata yang diprakarsai masyarakat seperti di Bukit 7 Sempan ini, harus kita bantu dan kita bina, jangan biarkan, karena semangat mereka sudah ada. Kalau semangat ini hanya tinggal semangat, tidak ada pembinaan dari pemerintah mereka akan lemah dan tidak bisa menambah kemampuan mereka membuat lebih baik destinasi ini,” tukas Gubernur.

Menurut Gubernur, untuk menata sebuah destinasi itukan perlu arsitek, tenaga sipil, tenaga keuangan dan tenaga lainnya.

“Khususnya Bukit 7 Sempan ini, mereka mengelolanya berangkat dari sebuah semangat. Kalau tidak dibina, tidak diatur, maka ini akan terbuang percuma. Makanya kita Pemprov Babel menyiapkan stimulant berupa ADD sebesar 100 juta rupiah. ADD inikan berdasarkan apa yang diusulkan oleh desa. Jadi, saya sarankan desa untuk memasukan program itu untuk meningkatkan manajemen pengelolaan destinasi ini,” kata Gubernur.

Gubernur juga menyarankan agar pengunjung yang masuk ke lokasi wisata itu tetap dipungut bayaran sebagai uang pengelolaan. “Bagaimana kita bisa mengelola tempat itu kalau pengunjung tidak dipungut biaya masuk,” ujar Gubernur.

Sebagai wujud dukungan nyata dan motivasi agar para pemuda selaku pengelola tetap bersemangat dalam mengelola destinasi wisata alam itu, Gubernur akan memberikan bantuan baju seragam yang dipakai khusus saat bertugas di lokasi wisata tersebut.(humasprov).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad/Yudi
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas