Yuswandi Resmi Jabat Plt Gubernur Babel

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melantik Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Dr Ir Yuswandi Arsyad Temenggung MA MSc sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Pelantikan ditandai penyematan tanda jabatan dan penyerahan surat keputusan Menteri Dalam Negeri, serta serah terima nota pengantar tugas Plt gubernur.

Tjahjo Kumolo mengatakan, pejabat yang dilantik dinilai memiliki kemampuan menjalankan tugas serta pengalaman mengenai tata kelola pemerintahan. Dia juga menyebutkan Yuswandi memiliki pengalaman di pemerintahan cukup lama. Sehingga diharapkan mampu mengelola pemerintahan di daerah dengan baik, sesuai peraturan dan perundang-undangan serta bertanggung jawab langsung kepada Mendagri.

"Saya berharap tata kelola pemerintah daerah dapat dilaksanakan sebaik-baiknya,” pinta Tjahjo Kumolo.

Sejalan dengan itu, Mendagri minta pelaksana tugas gubernur lebih memperkuat pelayanan publik, mempermudah perizinan, bersama legislatif menyusun rancangan APBD 2017, mendorong daya saing daerah, hingga ketegasan pemberantasan pungutan liar (pungli) di daerah.

Tjahjo juga berharap pelaksanaan Pemilukada serentak pada 2017 di sejumlah daerah dapat berjalan secara baik dan lancar.

Pada pertemuan dengan Forkopimda guna mendengarkan program dan permasalahan yang terjadi di Babel, Plt Gubernur Babel Yuswandi optimistis segera merampungkan penyelesaian SOTK bersama Sekretaris Daerah dan DPRD Babel. Serta dapat mengukuhkan jabatan pada SOTK yang baru mengacu regulasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Awal tahun dapat dilaksanakan pengukuhannya, ada acuan dari Kemenpan RB untuk dikukuhkan,” tegas pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini.

Sementara Rustam Effendi yang sebelumnya menjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, menitipkan tiga agenda yang diharapkan menjadi prioritas pejabat pelaksana tugas, yakni Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK), pembahasan APBD 2017, dan pelaksanaan Pilkada 2017.

Menurutnya, penyelesaian STOK tinggal beberapa tahapan lagi yang membutuhkan koordinasi. Sedangkan APBD 2017 sedang dalam tahap pembahasan dan diharapkan segera finishing.

"Terakhir, agar Pilkada Babel berlangsung tertib, aman dan lancar, melalui komunikasi bersama Forkopimda. Babel wilayah kondusif, tidak ada konflik," ujar Rustam.

Pelantikan Yuswandi sebagai Plt Gubernur Babel tertuang dalam SK Mendagri Nomor 121.19-10011 Tahun 2016.

Selain Yuswandi, Mendagri Tjahjo Kumolo juga melantik dua pejabat eselon I Kemendagri lainnya jadi pelaksana tugas gubernur. Masing-masing Dirjen Politik Pemerintahan Umum Kemendagri Sudarmo sebagai Plt Gubernur Gorontalo, dan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif sebagai Plt Gubernur Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Pelantikan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah karena cuti kampanye Pilkada 2017.

Pelantikan dihadiri pejabat Kemendagri, Gubernur dan Wakil Gubernur petahana beserta istri, unsur Forkopimda Babel, Sekretaris Daerah Yan Megawandi, serta para kepala SKPD di lingkungan Pemprov Babel. (mislam)

Sumber: 
HumasPRO
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ismail
Bidang Informasi: 
Humas