Wagub Buka Pencanangan Baksos KG PKK KB Kesehatan Tingkat Provinsi

TOBOALI, BANGKA SELATAN - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah membuka secara resmi Pencanangan Bhakti Sosial (Baksos) Kesatuan Gerak (KG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018.

Pembukaan Pencanangan Baksos KG PKK Kesehatan yang berlangsung di Balai Daerah Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (11/10/2018) pagi, tersebut, ditandai dengan Pemukulan Bedug oleh Wagub Abdul Fatah bersama Bupati Bangka Selatan Justiar Noer.

Turut hadir Pejabat dari unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi Rosman, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Etna Estalita, Wakil Ketua TP PKK Laksmi Abdul Fatah, Ketua DWP Babel, Kartini Yan Megawandi, sejumlah Pejabat Eselon II Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dan Kabupaten Bangka Selatan, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Se Babel, Camat dan Kades Se Bangka Selatan, Ketua Organisasi Wanita Se Babel, dan diikuti para Kader PKK Se-Babel.

Wagub Abdul Fatah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Baksos KG PKK KB Kesehatan ini, adalah sinergitas dan kolaborasi yang baik antara TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan BKKBN, dalam rangka menangani secara serius program KB dan Perlindungan Anak, serta Perempuan, dengan mengajak partisipasi masyarakat secara keseluruhan.

TP PKK dengan 10 Program, ditambahkan Wagub, unggulannya diantaranya adalah Kesehatan, Kelestarian Lingkungan dan Perencanaan Sehat. Juga BKKBN, merupakan salah satu Nawacita Pemerintah RI, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

"Ini adalah kolaborasi yang sangat baik sesuai yang tertuang dalam UUD 1945, yaitu negara melindungi seluruh tumpah darah Indonesia dan juga mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Wagub.

Lebih jauh Wagub menjelaskan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Provinsi Babel dalam mengendalikan laju pertumbuhan masyarakat melalui BKKBN dan Dinas Kesehatan, telah mengupayakan melalui alat - alat yang modern, aman dan nyaman, sehingga masyarakat bisa bebas memilih mana yang bisa digunakan. 

Kesemuanya itu, ditegaskan Wagub, dalam rangka kepedulian bersama melalui program penguatan peningkatan kualitas dan pengendalian penduduk di Babel.

Di akhir sambutannya, Wagub Abdul Fatah mengingatkan pentingnya perhatian kepada generasi muda, khususnya dalam rangka mengantisipasi Kenakalan Remaja, Seks Bebas dan Penyalahgunaan Narkoba.

Pada kesempatan sama, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer menyampaikan, melalui Program KB dan Pengendalian Penduduk, akan meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sebaik-baiknya pertumbuhan ekonomi sebuah bangsa, kalau tidak diikuti dengan program pengendalian penduduk, akan sia - sia saja," ungkap Justiar.

Justiar berterimakasih kepada Pemprov Babel dan Perwakilan BKKBN Babel yang telah menyelenggarakan kegiatan di Kabupaten Bangka Selatan ini. “Di Bangka Selatan saat ini, sedang giat - giatnya menyelenggarakan kegiatan bersekala daerah maupun nasional,” terang Justiar.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, dalam laporannya mengatakan, Pencanangan Baksos KG PKK KB Kesehatan Tingkat Provinsi Babel tahun 2018 ini, mengangkat tema "Kita Gerakkan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera".

Kegiatan ini, akan dilaksanakan selama tiga bulan, mulai Oktober hingga Desember 2018, yang akan dilaksanakan di seluruh Desa dan Kelurahan, termasuk di dalamnya Kegiatan Program Kependudukan dan KB, Pembangunan Keluarga serta dan Kampung KB yang telah terbentuk di seluruh Kecamatan di Babel.

“Terlaksananya kegiatan ini, tentunya tidak terlepas dari dukungan keterpaduan Lintas Sektor yang bertumpu pada kegiatan - kegiatan swadaya masyarakat, PKK dan Institusi KB-Kesehatan di Desa, dengan Kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai Fokus sasaran Utama. Oleh sebab itu dibutuhkan sinergitas dari berbagai pihak terkait,” ujat Melati.

Pada Kegiatan ini, juga dilakukan Pelantikan Pengurus Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Kabupaten Bangka Selatan Periode 2018-2022 oleh Ketua Pengurus Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Usai Pembukaan Pencanangan KG PKK KB Kesehatan, Wagub bersama rombongan meninjau stand Pelayanan KB, Pemeriksaan IV A test, Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Gelar Dagang UPPKS yang diadakan di tempat Pembukaan Pencanangan Baksos KG PKK KB Kesehatan.(Lulus).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas