Pemprov Usulkan 31 Maret Hingga 6 April Tidak Ada Penerbangan ke Babel

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) dengan dukungan Kepala Daerah dan unsur terkait lainnya, akan mengusulkan ke Kementerian Perhubungan di Jakarta, pada tanggal 31 Maret hingga 6 April 2020 tidak ada penerbangan ke Babel.

Untuk di atas tanggal 6 April 2020, akan diputuskan selanjutnya. Demikian hasil keputusan Rapat Peningkatan Kewaspadaan Masuk dan Memutus Rantai masuknya Corona Virusdiseases (Covid -19) ke wilayah Babel yang diselenggarakan di Ruang Rapat Tanjungpendam Kantor Gubernur Babel, Kamis (26/03/2020) sore.

Pemprov Babel juga akan mengusulkan kepada Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, hanya melayani satu penerbangan untuk tanggal 28-30 Maret 2020, melalui Bandara Depati Amir, sedangkan untuk Bandara HAS Hananjoeddin akan dilakukan komunikasi dengan Bupati Belitung. 

Soal pelabuhan laut akan diusulkan membuka Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka dan Pelabuhan Tanjung Ru Belitung, serta hanya melayani bongkar muat barang atau sembako maupun muatan lainnya, namun  dilakukan pengawasan yang ketat,  pelabuhan penumpang ditiadakan.

Untuk itu, melalui video conference, Gubernur Babel Erzaldi Rosman meminta agar seluruh kepala daerah memberikan dukungannya dalam kebijakan yang diambil terkait dengan penutupan sementara bandara dan pelabuhan yang akan dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari kementerian terkait.

“Menyikapi perkembangan saat ini, dalam pembahasan bersama beberapa waktu yang lalu, memang perlu mengambil suatu kebijakan dalam memutus rantai Covid-19 melalui bandara dan pelabuhan laut,” ujar Gubernur Erzaldi. 

Rapat yang dipimpin Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah ini, dihadiri perwakilan unsur Forkopimda Babel, Walikota Pangkalpinang Maulana Aklil, Perwakilan Bupati se Bangka kecuali Kabupaten Bangka Tengah, pihak penerbangan, Angkasa Pura, Organisasi Pemuda, Kepala Dinas Kesehatan Babel, Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid, LSM dan instansi terkait lainnya.
 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas