Fasilitasi KB Muspida Diharapkan Menjadi Solusi

Tanjung Gunung – Permasalah Kependudukan yang dihadapi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini, akibat dari tingginya perkawinan di usia muda serta melahirkan tidak terencana, yang mengakibatkan ledakan penduduk.

Statemen itu disampaikan Gubernur Bangka Belitung Dr. H. Erzaldi Rosman yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Haryoso, SH, pada Kegiatan Pembinaan dan Pelayanan Keluarga Berencana (Fasilitasi KB) Muspida  yang dilaksanakan di Desa Tanjung Gunung Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (11/8/2017) pagi.

Dalam sambutan tersebut Gubernur mengharapkan kepada masyarakat, agar melakukan program  KB dengan baik, dan menggunakan fasilitas KB yang ada di setiap wilayah yang ada

“Fasilitasi KB Muspida yang dilaksanakan selama 6 bulan (April - September) menetapkan Kabupaten Belitung,  Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka menjadi wilayah sasaran,” kutip Haryoso.

Lanjut Haryoso, dengan kegiatan Fasilitasi KB Muspida diharapkan menjadi solusi dan memberikan implikasi atas pertumbuhan dan perkembangan penduduk di Bangka Belitung.

“Dukungan dan partisipasi unsur Muspida yang sekarang disebut dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melalui kegiatan promosi dan penggerakan program keluaraga berencana yang terarah dan tepat sasaran sangat dibutuhkan,” ungkap Haryoso.

Unsur Pimpinan Provinsi hingga ke perangkat desa diajak agar mengerahkan perangkatnya untuk melakukan promosi, penggerakan dan mengajak pasangan usia subur untuk ber-KB dan menggunakan layanan KB di wilayah masing-masing.

Sementara itu Bupati Bangka Tengah yang diwakili Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah,  Siti Aswati mengatakan, Kabupaten Bangka Tengah merupakan kabupaten kedua setelah Belitung yang telah menetapkan Kampung KB.

"Kabupaten Bangka tengah telah membentuk dan menetapkan 7  kampung KB yang tersebar di 6 Kecamatan di Bangka Tengah," sebut Siti.

Aswati juga mengatakan, kedepan 7 kampung KB yang telah ditetapkan juga dapat segera difasilitasi dengan baik, melalui program - program yang telah ditentukan pemerintah, sehingga pelaksanaan program KB berjalan dengan baik, dan laju pertumbuhan penduduk dapat ditekan.

Di penghujung kegiatan, Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra Setda Pemprov Babel menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu yang ada di sekitar lokasi pelaksanaan kegiatan Fasilitasi KB Muspida.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pengobatan gratis, dan pameran hasil UPPKS Kabupaten Bangka Tengah.

Pembinaan dan Pelayanan Keluarga Berencana tersebut, juga dihadiri unsur Forkopimda Babel dan Kabupaten Bangka Tengah, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Babel, dan BKKBN Babel, dan elemen terkait lainnya.(Sentosa)

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas