Perda Disahkan, Wagub Berharap Pelaku UMKM Tingkatkan Usaha

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, mengharapkan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Babel dapat meningkatkan usahanya ke skala yang lebih besar.

Hal itu, dikatakan Wagub, setelah disahkannya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh DPRD Babel melalui Rapat Paripurna DPRD yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Selasa (12/9/2017) pagi.

Wagub menjelaskan, Pemerintah Provinsi telah berupaya membantu pelaku UMKM melalui Perda ini, sehingga pertumbuhan dan perkembangan UMKM menjadi legal standing yang benar-benar akan menjadi kompas bagi pengelolaan dan pemberdayaan UMKM, yang diyakini kebenarannya serta akuntanbel.

“Sejauh ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam peningkatan UMKM. Ditambah lagi, dengan adanya Perda ini, Pemprov Babel akan lebih kuat lagi dalam pemberdayaan UMKM, dan masyarakat akan mendapat kesempatan berwirausaha, sehingga perekonomian masyarakat dapat ditingkatkan dengan rasa aman dan nyaman,” ungkap Wagub Abdul Fatah.

Sementara itu, berkaitan dengan Perda Cadangan Pangan yang juga telah disetujui DPRD Babel, Wagub menjelaskan, dengan Perda ini, Pemerintah akan lebih leluasa dan mengatur secara jelas, bisa mengetahui berapa banyak Cadangan Pangan yang ada, bagaimana pendistribusiannya, serta bisa mengendalikan Harga Kebutuhan barang pangan.

“Begitu suatu saat salah satu daerah perlu suplay barang pangan, maka pemerintah berkoordinasi dan kerjasama dengan pihak distributor, dapat segera mensuplay ke daerah yang membutuhkan pangan tersebut, yang pada akhirnya harganya dapat terkendali. Dengan begitu, lompatan harga tidak akan terjadi. Hal ini juga bisa memberikan gambaran tingkat inflasi,” terang Wagub.

Selain menggelar Rapat Paripurna Pengesahan Raperda tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil, Raperda tentang Cadangan Pangan, dalam waktu bersamaan juga diselenggarakan Rapat Paripurna Penyampaian Penyampaian Raperda Inisiatif DPRD Babel tentang Penataan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit dan Pengelolaan Data Kependudukan.

Rapat Pengesahan dua Perda dan Penyampaian Raperda Inisitif Dewan tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya, didampingi Wakil Ketua, Amri Cahyadi, dan Hendra Apolo.

Turut hadir dalam kesempatan itu, anggota DPRD Babel, unsur Forkopimda, Plh. Sekda Pemprov Babel, Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Babel, dan instansi terkait lainnya.

Diakhir Rapat Paripurna dilakukan Penandatangan Berita Acara Pengesahan Dua Perda oleh Ketua DPRD Babel dan Wagub Abdul Fatah mewakili Gubernur Babel Dr. H. Erzaldi Rosman.(Lulus).

 

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas